Penulis Utama : Karin Nouri
NIM / NIP : D0415027
×

Pembentukan ASEAN University Network (AUN) merupakan upaya ASEAN dalam pembangunan sektor pendidikan tinggi di kawasan regional Asia Tenggara. Keberadaan AUN membuat ASEAN lebih fokus dalam melakukan program – program yang berkaitan dengan pendidikan tinggi. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor – faktor yang melatarbelakangi dilakukannya upaya pengembangan pendidikan tinggi dan mengetahui proses – proses kerjasama yang terjalin. Penelitian ini menggunakan konsep regionalisme dan konsep kepentingan nasional dari teori konstruktivisme sebagai metode dalam melakukan penelitiannya. Manfaat dari adanya penelitian ini yaitu memberikan pemahaman terhadap keberadaan organisasi regional dan peran organisasi tersebut sebagai wadah kerjasama dari negara – negara yang tergabung di dalamnya. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Dengan menjadikan teknik kualitatif sebagai pengumpulan data, dimana data yang diambil berasal dari studi pustaka dan referensi dari sumber online. Hasilnya diketahui bahwa AUN dibentuk agar kerjasama atau program – program terkait dengan pendidikan tinggi dapat lebih terfokuskan. Selain itu, dalam upaya menigkatkan kualitas pendidikan tinggi, AUN memunculkan AUN-QA yang dijadikan alat kontrolnya terkait dengan standarisasi kualitas perguruan tinggi ASEAN. 
Kesimpulan yang bisa diambil ialah adanya keberagaman yang dimiliki oleh setiap negara – negara anggota, merupakan tantangan yang dihadapi oleh ASEAN. Meskipun demikian, sebagai organisasi regional, ASEAN terus melakukan upayanya dalam melakukan pembangunan sektor pendidikan tinggi di kawasan Asia Tenggara. Hingga akhirnya membentuk AUN sebagai rezim yang khusus membawahi sektor pendidikan tinggi di Asia Tenggara. Hingga melalui keberadaan AUN dapat memunculkan adanya kerjasama dengan negara – negara lain yang terfokuskan dalam upaya pembangunan sektor pendidikan tinggi.

Kata Kunci: ASEAN, Pendidikan Tinggi, Kepentingan Nasional, Regionalisme, AUN, dan AUN – QA

×
Penulis Utama : Karin Nouri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0415027
Tahun : 2019
Judul : Upaya Asean Dalam Pembangunan Sektor Pendidikan Tinggi di Kawasan Asia Tenggara Melalui Asean University Network (AUN)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Program Studi Hubungan Internasional-D0415027-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Andriko Sandria, SIP., MA.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.