Penulis Utama : Muhammad Nabil
NIM / NIP : D1614063
×

Kegiatan magang yang penulis lakukan di Pemkot Surakarta mempunyai tujuan untuk menambah wawasan, melihat dan menerapkan ilmu di bidang dokumentasi dan fotografi Hubungan Masyarakat. Proses kegiatan ini penulis lakukan selama dua bulak yakni dari tanggal 10 November 2019 hingga 10 Januari 2019. Mengingat memberikan dan mempertahankan Citra baik menjadi seorang humas, maka penulis disini mempelajari mengapa Pemkot Surakarta sangat aktive dalam hal peliputan dan pemberian informasi terhadap masyarakat tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
    Penulis disini melakukan kegiatan praktek sebagai tim dokumentasi foto grafi dan tim dokumentasi berita yang akan digunakan atau diarsipkan nantinya sebagai release kemudian diunggah ke dunia maya/ internet. Dalam proses pendokumentasian, penulis diharuskan untuk menggunakan kamera DSLR milik penulis pribadi atau dengan kamera DSLR yang disediakan dari Pemkot Surakarta. Pengambilan gambar yang dilakukan haruslah menarik dan dapat menggambarkan situasi pada saat kegiatan itu terjadi.
    Untuk pembuatan berita/release, berita yang diberikan harus sesuai dengan fakta dan dapat membangun opini/Citra baik dimata masyarakat. Disini penulis menggunakan alat Handphone untuk merekam dari narasumber dan mencari unsur 5W + 1H yang nantinya akan dijabarkan menjadi sebuah berita untuk disebarkan kepada masyarakat. Dalam sebuah relese, tidak lupa disertakan gambar agar meyakinkan pembaca, menggambarkan situasi pada saat itu dan dapat membangun opini baik dimata masyarakat.
    Salah satu kegiatan yang tidak kalah penting saat melakukan kegiatan magang adalah kegiatan Media monitoring. Kegiatan ini adalah me-monitor atau mengawasi berita dimedia cetak koran kemudian dibuat dan diringkas menjadi sebuah kliping. Pembuatan kliping ini sepenuhnya dipasrahkan kepada mahasiswa magang yang sedang melakukan magang di tempat tersebut dan kegiatan ini berlangsung hampir setiap hari. Kegiatan ini berfungsi untuk mengontrol dan melihat perkembangan berita yang disampaikan oleh media cetak tentang Pemkot Surakarta aga Citra dan opini publik selalu positif. 
Pemkot kota Surakarta sudah sangat baik dalam menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan juga dengan media. Pemkot Surakarta sendiri memiliki banyak sekali agenda yang melibatkan masyarakat dan dapat dikatakan semua agenda yang dilakukan adalah kegiatan positif dan menarik yang dapat diikuti. Kegiatan liputanpun juga tidak pernah luput dalam mendokumentasikan semua kegiatan yang dilakukan baik didalam jam kerja maupun diluar jam kerja. Seorang humas pemerintahan harus selalu siap siaga untuk meliput semua aktifitas yang berhubungan dengan Pemkot Surakarta. Dan juga bagian Humas dan Protokol tidak pernah lupa untuk mengontrol semua berita yang ada setiap hari dengan cara pembuatan kliping.

Kata Kunci : Peran Humas Dalam Kegiatan Dokumentasi dan Transparansi Membangun Citra Baik, Pemkot Surakarta, Instansi Pemerintah

×
Penulis Utama : Muhammad Nabil
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1614063
Tahun : 2019
Judul : Peran Tim Dokumentasi Foto dan Data Kehumasan dalam Mendukung Transparansi Informasi dan Profesionalisme Kinerja Pemkot Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Program Studi Diploma III Komunikasi Terapan-D1614063-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W S.Sos, M.IKom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.