Penulis Utama : Hanif Imaduddin
NIM / NIP : D0310025
×

Abstrak

Perilaku menggunakan jilbab di kalangan mahasiswa FKIP UNS merupakan suatu bentuk penerapan ajaran agama Islam. Perilaku berjilbab dalam penelitian ini merupakan hasil dari pengetahuan agama mahasiswa yang selanjutnya diterapkan di lingkungan FKIP UNS. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan perilaku memakai jilbab mahasiswa FKIP UNS tentang jilbab yang mereka pakai.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah informasi dari responden dan informan di lokasi penelitian, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yaitu dengan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Model analisis ini merupakan alur kegiatan yang terjadi bersama-sama serta sebagai proses siklus dan interaktif. Teori yang digunakan adalah Teori Prilaku Sosial dan Teori  Modal Kultural.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan perilaku memakai jilbab mahasiswa  FKIP UNS tentang jilbab yang mereka pakai merupakan hasil dari pengetahuan agama tentang hukum berjilbab, kemudian perilaku berjilbab tidak hanya dilakukan di lingkungan kampus melainkan juga diterapkan diluar lingkungan kampus. Motivasi mahasiswa dalam berjilbab adalah agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya, walaupun tren di lingkungan kampus UNS sangat cepat berkembang namun mahasiswa bisa membedakan cara berjilbab yang baik menurut syariat Islam. Selain itu juga untuk menegakkan syariat Islam serta berjilbab merupakan bentuk dari dakwah ajaran Islam di FKIP UNS.

Kata Kunci : Perilaku Berjilbab Mahasiswa, Pengetahuan, Jilbab

×
Penulis Utama : Hanif Imaduddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0310025
Tahun : 2017
Judul : Perilaku Jilbab di Universitas Sebelas Maret Surakarta (Studi Kasus Perilaku Memakai Jilbab di Kalangan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Sosiologi-D0310025-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bagus Haryono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.