Penulis Utama : Wahyu Fitri Atmini Fatimah
NIM / NIP : D1214079
×

Abstrak

Pesan komunikasi dari program acara My Trip My Adventure yang ada di TransTv diharapkan akan memberikan gambaran edukasi atas informasi-informasi pariwisata Indonesia dan sebuah perjalanan wisata yang ada di Indonesia, khususnya bagi komunitas My Trip My Adventure Solo akan lebih peduli dan mencintai alam yang ada di Indonesia. Semakin terkenalnya program acara My Trip My Adventure ini pastinya akan menimbulkan dan menghasilkan sebuah pemaknaan dari komunitas mengenai promosi pariwisata Indonesia pada program acara tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemaknaan oleh komunitas My Trip My Adventure Solo tentang pesan promosi pariwisata Indonesia pada program My Trip My Adventure di TransTV.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori encoding decoding dari Stuart Hall. Metode encoding-decoding untuk menginterpretasikan persepsi khalayak. Metode ini memfokuskan pada produksi, teks, dan khalayak dalam sebuah kerangka dimana hubungan setiap elemen tersebut bisa dianalisis.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah beberapa anggota My Trip My Adventure Solo. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, in-depth interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pemaknaan oleh komunitas MTMA Solo tentang Promosi Pariwisata Indonesia pada Program My Trip My Adventure di TransTV episode ulang tahun ke 2 yaitu pemirsa yang berada dalam tipe pembacaan dominant reading melihat acara My Trip My Adventure sebagai tayangan yang edukatif. Beragam tempat objek wisata alam Indonesia yang ditampilkan dianggap memperkaya pengetahuan informan mengenai berbagai objek wisata dan budaya di Indonesia. Pemirsa yang berada dalam tipe pembacaan Negotiated Reading, memaknai acara My Trip My Adventure sebagai acara yang dapat menimbulkan contoh positif, dimana tujuan media menampilkan eksploitasi objek wisata Indonesia untuk menarik minat penonton dan memberikan manfaat bagi pemirsanya. Pemirsa yang tergolong dalam kelompok Oppositional Reading ketika menonton acara My Trip My Adventure tidak ada, tetapi memberikan penilaian secara preferred reading, artinya responden menilai secara positif acara My Trip My Adventure, karena memberikan nilai positif kepada khalayak yaitu acara yang mengembangkan potensi wisata Indonesia serta sebagai media promosi mengenai objek wisata alam yang ada di Indonesia.

Kata Kunci : pemaknaan, promosi, pariwisata

×
Penulis Utama : Wahyu Fitri Atmini Fatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214079
Tahun : 2017
Judul : Pemaknaan Oleh Khalayak tentang Pesan Promosi Pariwisata Indonesia pada Program Acara My Trip My Adventure (MTMA) (Pemaknaan Komunitas MTMA Solo tentang Pesan Promosi Pariwisata Indonesia pada Program Acara My Trip My Adventure TransTV Episode Spesial Ulang Tahun yang ditayangkan pada 7 September 2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1214079-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.