Penulis Utama : Ike Galih Pertiwi
NIM / NIP : K8113039
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui media plastisin pada anak kelompok B TK Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek  penelitian  ini  adalah  guru  dan  anak  kelompok  B  TK  Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode yang meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan unjuk kerja. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Validitas data kuantitatif menggunakan   validitas   konstruk.   Validitas   data   kualitatif   menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik statistik  deskriptif  komparatif  dan  analisis  interaktif.  Hasil  penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus pada setiap siklus.
Hasil  penelitian  menunjukkan  pada  pratindakan  persentase  ketuntasan anak mencapai 40%, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai
68%,   dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II pertemuan persentase ketuntasan anak mencapai 80%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui media plastisin dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak Kelompok B TK Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) tahun ajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Ike Galih Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113039
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Media Plastisin Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PG PAUD-K8113039-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jenny S Indrastoeti, M.Pd
2. Siti Kamsiyati, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.