Penulis Utama : Yunita Puspita Sari
NIM / NIP : K3112075
×

Penelitian ini dilakukan untuk menguji keefektifan teknik Self-Instruction dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP N 1  Ngemplak Boyolali. Kepercayaan diri pada penelitian ini adalah kepercayaan diri dalam kegiatan belajar di sekolah.
Penelitian ini menggunakan desain ekperimen kasus tunggal (single-case experimental). Klasifikasi desain eksperimen kasus tunggal pada penelitian ini adalah desain A-B.  Subjek dalam penelitian ini dipilih 2 subjek yang masuk dalam kategori subjek dengan skor kepercayaan diri rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, jenis validitas yang digunakan pada pedoman observasi adalah expert judgement.  Expert judgement dilakukan oleh dosen pembimbing, dan dosen BK. Sedangkan validitas angket melalui uji coba instrumen sebelum digunakan untuk mencari subjek penelitian. Setelah di uji coba, angket dihitung menggunakan rumus product moment dalam SPSS 17 untuk diketahui validitasnya. Uji reliabilitas pada angket dalam penelitian ini dengan melihat nilai Cronbach’s Alpha melalui perhitungan SPSS 17. Sedangkan pada pedoman observasi menggunakan rumus persentase kesepakatan total (total percent agreement).
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dan analisis klinis. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhitungan dengan menggunakan teknik analisis persentase pada subjek 1 menunjukkan perubahan perilaku kepercayaan diri naik sebesar 62,5%, subjek 2 menunjukkan perubahan perilaku kepercayaan diri naik sebesar 61,5%. Hasil analisis persentase didukung oleh analisis klinis, guru dan teman subjek sebagai significant others di lingkungan sekolah menyatakan bahwa pada masing-masing subjek mengalami kenaikan kepercayaan diri pada kegiatan belajar. Berarti hipotesis terbukti. Hal ini menunjukkan ada perbedaan antara pengukuran data fase baseline dengan pengukuran data pasca intervensi tentang kepercayaan diri peserta didik.
Simpulan dalam penelitian ini adalah teknik self-instruction efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII SMP N 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2016/2017

 

×
Penulis Utama : Yunita Puspita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112075
Tahun : 2017
Judul : Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling-K3112075-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd.,
2. Ulya Mahmudah, S.Pd.,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.