Penulis Utama : Sinta Dewi Candrawulandari
NIM / NIP : K1213069
×

Abstrak

Sejauh ini pemilihan materi pembelajaran sastra kurang maksimal dan masih terfokus pada aspek kognitif. Nilai yang terkandung dalam novel justru tidak tersentuh dalam pembelajaran sehingga harus dilakukan penelitian pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) unsur intrinsik yang ada di dalam novel; 2) karakteristik kejiwaan tokoh utama; 3) nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel; dan 4) relevansi karakteristik kejiwaan tokoh utama dan nilai pendidikan karakter novel Genduk dengan pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menganalisis data berupa dokumen dengan objek kajian novel Genduk karya Sundari Mardjuki. Sumber data berasal dari novel Genduk, hasil wawancara guru, siswa dan psikolog. Teknik pengambilan subjek penelitian dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya berupa analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan expert judgement. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan dan pengujian kesimpulan. Prosedur penelitiannya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyajian hasil kesimpulan.
Hasil dari penelitian  ini adalah  sebagai  berikut.  1)  Unsur  intrinsik  novel Genduk  memiliki  keterkaitan  antar  unsur  sehingga  menghasilkan  cerita  yang padu. 2) Karakteristik kejiwaan tokoh utama dalam novel Genduk dapat dipahami melalui teori Sigmund Freud (id, ego, dan superego), gejala perilaku yang timbul pada tokoh mengindikasikan bahwa Genduk mengalami gangguan kejiwaan yang disebut depresi ringan. 3) Novel Genduk mengandung lima belas poin nilai pendidikan karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri,  demokratis,  rasa  ingin  tahu,  menghargai  prestasi, bersahabat/komunikatif,   cinta   damai,   gemar   membaca,   peduli   sosial,   dan tanggung  jawab.  Dari  kelimabelas  nilai  pendidikan  karekter  tersebut  yang menonjol  ialah  nilai  religius.  4)  Novel  Genduk  relevan  dengan  pembelajaran sastra di SMA karena karakteristik kejiwaan tokoh utama dan nilai pendidikan karakter   sesuai   dengan   tujuan   pembelajaran   yang   telah   dirancang   dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang didasari dengan adanya Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang mencantumkan kompetensi yang harus dicapai siswa   dalam   pembelajaran   sastra.   Selain   itu   novel   Genduk   juga   dapat meningkatkan perbendaharaan kata, sesuai dengan psikologi siswa tingkat SMA, dan sesuai dengan latar kebudayaan siswa.

Kata Kunci : unsur intrinsik, kejiwaan, karakter, pembelajaran sastra

×
Penulis Utama : Sinta Dewi Candrawulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213069
Tahun : 2017
Judul : Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki serta Relevansinya dengan Materi Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213069-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dra. Raheni Suhita, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.