Penulis Utama : Varieta Padma Santi
NIM / NIP : K3113072
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe satu berupa panduan layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan keterampilan belajar menggunakan mind map bagi peserta didik SMP, yang belum dilakukan uji validitas, uji keefektifan, dan uji kepraktisan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pra pengembangan yaitu pembuatan produk. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VII, VIII, dan IX se-Karesidenan Surakarta. Data yang diperolah dari studi pendahuluan berupa data kebutuhan dan kepentingan peserta didik SMP  menurut peserta didik, orang tua, dan guru BK.
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh data. Pertama, tingkat kebutuhan dan kepentingan layanan bimbingan dan konseling menunjukkan  bahwa sebanyak 52,12% sangat membutuhkan dan 42,17% merasa sangat penting terhadap pengembangan keterampilan belajar menurut peserta didik, orang tua, dan guru BK. Kedua, berdasarkan hasil kajian teoritik mengenai keterampilan belajar diperoleh: pengertian keterampilan belajar, jenis-jenis keterampilan belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan belajar, dan cara meningkatkan keterampilan belajar. Berdasarkan hasil kajian teoritik mengenai mind map diperoleh: pengertian mind map, keunggulan mind map, dan langkah-langkah membuat mind map. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan belajar yaitu dengan menggunakan mind map. Ketiga, berdasarkan hasil studi pendahuluan dan kajian teoritik, dapat dikembangkan produk berupa panduan layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan keterampilan belajar menggunakan mind map bagi peserta didik SMP, yang belum dilakukan uji validitas, uji keefektifan, dan uji kepraktisan. Panduan memuat sistematika produk yaitu cover, kata pengantar, bagian I pendahuluan, bagian II keterampilan belajar menggunakan mind map, bagian III cara menggunakan panduan, bagian IV kurikulum, bagian V satuan layanan dan materi, dan bagian VI penutup.
 
Kata Kunci : keterampilan belajar, mind map, peserta didik SMP

×
Penulis Utama : Varieta Padma Santi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113072
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Menggunakan Mind Map bagi Peserta Didik SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113072-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chadidjah. H.A.,M.Pd.
2. Ulya Makhmudah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.