Penulis Utama : Dewi Sukmowati
NIM / NIP : K6413019
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran prezi dan power point terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X IPS SMA Negeri 1 Teras Boyolali.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen menggunakan treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA N 1 Teras Boyolali. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 34 siswa dan kelas X IPS 6 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk posttest-only control design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode angket dan observasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data minat belajar siswa. Metode observasi digunakan sebagai data untuk mangamati pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media prezi dan power point. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji independen, uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan Uji t-test.
Hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,034 dengan taraf signifikan 5% dan dk = n1 + n2 – 2 (34 + 34 - 2 = 66), maka diperoleh ttabel sebesar 1,99656 (interpolasi). Maka thitung (3,034) > ttabel (1,99656) dan skor rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 92,74 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2 sebesar 86,79. Berdasar perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran prezi dengan power point terhadap minat belajar siswa pada pelajaran PPKn kelas X IPS di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun ajaran 2016/2017. Penggunaan media prezi lebih berpengaruh pada minat belajar siswa dikarenakan media prezi memiliki tampilan yang lebih menarik dan inovatif, merupakan media baru bagi siswa, dapat diakses secara online maupun offline, materi yang disampaikan jelas serta mudah dipahami. Hal ini tentu dapat merespon timbulnya minat belajar siswa yang ditunjukan dengan keaktifan siswa, perhatian siswa, kemauan dan keberanian siswa berpendapat

 

×
Penulis Utama : Dewi Sukmowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413019
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi Dan Power Point Terhadap Minat Belajar Siswa (Studi Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6413019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, S.Pd., M.Si
2. Drs. Hassan Suryono, SH, M.Pd, MH
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.