Penulis Utama : Anindya Rahma Puspita
NIM / NIP : K3110007
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan Modeling dan Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan single  case  experimental  design  dengan  desain  A-B.  Subjek  penelitian  yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Surakarta berjumlah 3 orang peserta didik yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi perilaku bullying. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statstik dengan teknik presentase dan analisis klinis.
Hasil analisis menunjukkan bahwa penghitungan dengan teknik analisis presentase pada subjek 1 menunjukkan perubahan perilaku bullying berkurang sebesar 52,38%, subjek 2 dan 3 masing-masing menunjukan perubahan perilaku bullying sebesar 57,89% dan 65,22%. Hasil analisis presentase didukung oleh hasil analisis klinis ketiga teman subjek sebagai significant others di lingkungan sekolah menyatakan bahwa pada masing-masing subjek penelitian mengalami penurunan  perilaku  bullying,  berarti  hipotesis  terbukti.  Hal  ini  menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pengukuran fase baseline dan pengukuran fase intervensi tentang perilaku bullying.
Simpulan penelitian ini adalah modeling dan role playing efektif untuk mengurangi  perilaku  bullying  pada  peserta  didik  kelas  VIII  SMP  Negeri  21
Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Anindya Rahma Puspita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3110007
Tahun : 2017
Judul : Modeling Dan Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling-K3110007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd
2. Rian Rokhmad Hidayat, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.