Penulis Utama : Komsiyatun
NIM / NIP : S431408001
×

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui implementasi PSAP nomor 12 dalam Laporan Operasional Pemerintah Kota Surakarta tahun 2015; (2) Untuk mengetahui keunggulan penyusunan Laporan Operasional Pemerintah Kota Surakarta tahun 2015; (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama penerapan PSAP nomor 12 dalam Laporan Operasional Pemerintah Kota Surakarta tahun 2015; dan (4) Memberikan penjelasan solusi untuk mengatasi kendala dalam penerapan PSAP nomor 12 dalam Laporan Operasional Pemerintah Kota Surakarta tahun 2015.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala dan staf bidang akuntansi dan sub bagian keuangan dari 8 SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta yang diwakili dengan jumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari wawancara dengan 20 informan, observasi, serta dokumen-dokumen terkait. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Triangulasi sumber dan teknik digunakan untuk menjamin validitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PSAP nomor 12 dalam Laporan Operasional Pemerintah Kota Surakarta belum diterapkan secara maksimal. Hal ini dikarenakan berbagai kendala berikut: (1) Kemampuan dan latar belakang pendidikan sumber daya manusia; (2) Masalah teknis aplikasi; (3) Masih diberlakukannya sistem akuntansi kas untuk aktivitas berbasis anggaran; dan (4) Kebijakan mutasi rutin pegawai.


Kata Kunci: Implementasi, PSAP Nomor 12 tahun 2010, Laporan Operasional

×
Penulis Utama : Komsiyatun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431408001
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (Psap) Nomor 12 dalam Laporan Operasional Pemerintah Kota Surakarta Tahun 2015
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekomomi dan Bisnis, Prog. Studi Magister Akuntansi - S431408001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Falikhatun, M.Si, Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.