Penulis Utama : Dwi Puji Astuti
NIM / NIP : S991602010
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan media e-book ekonomi untuk digunakan dalam mata pelajaran ekonomi, 2) menguji keefektivan media  e-book  ekonomi  untuk meningkatkan  hasil  belajar  pada  mata  pelajaran ekonomi.
Penelitian dan pengembangan media e-book ekonomi ini menggunakan model pengembangan  Borg and Gall  menggunakan  10 langkah  pengembangan yang  telah  dimodifikasi  menjadi  empat  tahap  yaitu:  1)  tahap  pendahuluan,  2) tahap  pengembangan,  3)  tahap  pengujian,  4)  tahap  penyebarluasan.  Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Hasil wawancara dan observasi dianalisis dengan deskriptif kualitatif, sedangkan kuesioner dan tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan  hasil analisis deskriptif kuantitatif  media didapatkan bahwa
validasi ahli media 92,5% dengan kriteria sangat baik, ahli materi 83,3% dengan kriteria  sangat  baik,  ahli  bahasa  100%  dengan  kriteria  sangat  baik,  dan  ahli praktisi sebesar 91,7% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis uji keefektivan media  e-book  ekonomi  berorientasi  Problem  Based  Learning  dengan menggunakan  software  IBM SPSS 22 diperoleh  nilai thitung  3,119 > ttabel  1,693 dengan  demikian  peningkatan  nilai  hasil  belajar  kelas  eksperimen  lebih  baik daripada kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 83,33 dan kelas kontrol 77,17. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi 6,16 poin.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah media e-book ekonomi berorientasi Problem Based Learning layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi.

 

×
Penulis Utama : Dwi Puji Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991602010
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Media E-Book Ekonomi Berorientasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S991602010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats
2. Dr. Djoko Santoso Th, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.