Penulis Utama : Fionita Setyaningrum
NIM / NIP : H0812066
×

Peternakan adalah kegiatan memelihara hewan ternak untuk dibudidayakan dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Usaha ternak dengan modal yang lebih ringan dan resiko relatif kecil dalam hal kerugian, usaha ternak yang relevan adalah peternakan kambing. Tercatat populasi kambing di Indonesia sekitar 19.608.181 ekor kambing. Sleman merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang mengembangkan usaha peternakan Kambing PE. Tepatnya di Kecamatan Turi yang merupakan daerah paling tinggi di kabupaten Sleman. Desa Girikerto merupakan wilayah terluas di Kecamatan Turi sehingga tanah kering tersebut dapat dimanfaatkan menjadi lahan perternakan kambing PE.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya biaya, penerimaan, dan pendapatan bersih, menganalisis tingkat efisiensi usaha, menganalisis tingkat risiko usaha ternak kambing PE (Peranakan Etawa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Pengambilan daerah penelitian Desa Girikerto yang dilakukan secara purposive (sengaja). Pengambilan sampel peternak kambing PE (Peranakan Etawa)  dari masing-masing kelompok peternak kambing PE (Peranakan Etawa) dilakukan secara simple random sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis biaya, penerimaan, pendapatan bersih, dan efisiensi usaha serta analisis risiko usaha ternak kambing PE (Peranakan Etawa)  di Desa Girikerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 109.509.767,00. Rata-rata penerimaan budidaya kambing PE yaitu                               Rp 298.113.600,00. Rata-rata pendapatan yang diterima oleh peternak kambing PE di Desa Girikerto sebesar Rp  188.603.833,00. Efisiensi usaha budidaya kambing PE yaitu sebesar 2,72. R/C > 1 menunjukan bahwa usaha budidaya kambing PE di Desa Girikerto yang dijalankan sudah efisien. Besar risiko yang ditanggung usaha budidaya kambing PE di Desa Girikerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta menurut analisis nilai CV = 0,29, nilai  L = 77.682.217,00. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis usaha budidaya kambing PE yang telah dilakukan maka saran yang dapat diberikan kepada peternak kambing PE yaitu peternak sebaiknya dalam pemberian pakan harus lebih efisien dan diharapkan peternak dapat membuat pakan alternatif untuk kambing PE yang dapat diambil  sendiri di alam, lebih memperhitungkan sirkulasi jumlah kepemilikan antara kambing PE laktasi dan kambing PE kering, sering menjual cempe kambing PE dan kambing PE yang telah afkir sehingga dapat menambah penerimaan peternak. Bagi Pemerintah diharapkan pemerintah Desa Girikerto memberikan penyuluhan terkait usaha budidaya kambing PE yang efektif sehingga meningkatkan keuntungan peternak.

×
Penulis Utama : Fionita Setyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0812066
Tahun : 2019
Judul : Analisis usaha ternak kambing pe (peranakan etawa) di desa Girikerto kecamatan Turi kabupaten Sleman Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jurusan Agribisnis-H0812066 -2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Minar Ferichani, M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.