Penulis Utama : Wulan Yuniarti
NIM / NIP : K3113075
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik modeling berbasis video  untuk meningkatkan minat berwirausaha pada peserta didik kelas X SMK Negeri 5 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Quasi experiment jenis non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas X SMK Negeri 5 Surakarta yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data pretest (sebelum treatment) dan posttest (sesudah treatment). Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat berwirausaha.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara skor minat berwirausaha kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 20. Hasil pengujian data diperoleh uji Mann Whitney U  sebesar 9,000 dan harga uji Z sebesar -3.111  dengan signifikansi sebesar 0,002 < 0>Simpulan hasil penelitian ini adalah teknik modeling berbasis video efektif untuk meningkatkan minat berwirausaha pada peserta didik Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kata Kunci : Teknik Modeling, Berbasis Video, Minat berwirausaha

×
Penulis Utama : Wulan Yuniarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113075
Tahun : 2017
Judul : Teknik Modeling Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Akademik 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113075-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Sutarmi. Fadhilah, M.Pd.
2. Chadidjah Husein A, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.