Penulis Utama : Sellvy Dian Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1313091
Tahun : 2015
Judul : Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Atas Pengadaan Obat Dana Blud (Studi Kasus pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Kolasi : 83 p.; ilus.; tab. ; 28 cm
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi-F1313091 -2015
Subyek : SIMTEM PENGENDALIAN ORGANISASI ; PENGADAAN OBAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sistem pengendalian intern yang baik dapat meminimalisir bahkan mencegah terjadinya sebuah penyimpangan atas suatu proses atau prosedur suatu pelaksanaan operasional supaya tujuan organisasi/ institusi dapat tercapai. Berkenaan dengan fenomena penyimpangan atas pengadaan obat yang terjadi di  beberapa rumah sakit telah menunjukkan sistem pengendalian intern yang ada masih lemah sehingga perlu dilakukan evaluasi sistem pengendalian intern atas pengadaan obatnya. RSUD Dr. Moewardi Surakarta sebagai rumah sakit rujukan pasien BPJS yang berlokasi di Jalan Kolonel Soetarto No. 132 Surakarta telah mengalami peningkatan kebutuhan obat sehingga proses pengadaan obat di rumah sakit ini juga meningkat. Oleh karena itu, mengevaluasi sistem pengendalian intern atas pengadaan obat di RSUD Dr. Moewardi Surakarta perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan. 

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan alur pengadaan  obat berdasarkan dana BLUD serta kesesuaiannya dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku. (2) Untuk mengevaluasi apakah pengadaan obat dengan dana BLUD telah mengandung sistem pengendalian intern yang memadai.   
Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan  sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mendeskripsikan alur pengadaan obat melalui flowchart dan mengevaluasi sistem pengendalian intern berdasarkan konsep COSO (Committee of Sponsoring Organizations) secara jelas, rinci, dan logis.

 Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa alur pengadaan obat telah sesuai dengan kebijakan/ peraturan yang berlaku dan sistem pengendalian intern atas pengadaan obat dana BLUD pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta cukup kuat dengan mempertimbangkan masih adanya hal-hal yang belum memadai dalam sistem  pengendalian intern pengadaan obat dana BLUD yang diterapkan RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Kata Kunci : sistem pengendalian intern dan pengadaan obat. 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
IMG_20151020_090748.jpg
Bab1.pdf
Bab2.pdf
Bab3.pdf
Bab4.pdf
Bab5.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Fauzi, MBA., Ph.D., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis