Penulis Utama : Yanuaria Rika Puspita Sari
NIM / NIP : K3113077
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan dan kepentingan peserta didik terhadap pengembangan keterampilan mengakses informasi pekerjaan melalui media internet, mendeskripsikan kajian teori tentang keterampilan mengakses informasi pekerjaan melalui media internet dan  menghasilkan prototipe 1 berupa Panduan Keterampilan Mengakses Informasi Pekerjaan melalui Media Internet pada Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan yang kelak akan siap diuji keefektifan, kepraktisannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengenmbangan (Research and Develpoment), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pra pengembangan yaitu tahap pembuatan produk. Data yang didapatkan dari lapangan berupa data kebutuhan dan kepentingan peserta didik, data tersebut diambil dari tiga responden yaitu peserta didik, guru BK, dan orang tua. Persentase kebutuhan dan kepentingan tertinggi akan dijadikan judul penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, kajian empririk memuat hasil survei yang dilakukan Mahasiswa BK angkatan 2012 yang tergabung dalam penelitian payung didapatkan data tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik yang menunjukkan 1,592 responden memiliki hasil persentase (50,02%) sangat membutuhkan dan 1,590 reponden (49,98%) sangat merasa penting terhadap pengembangan infrormasi pekerjaan berdasarkan dari , peserta didik, guru BK, dan orang tua. Kedua, kajian teoritik didapatkan  dari keterampilan mengakses infrormasi pekerjaan meliputi pengertian keterampilan mengakses informasi pekerjaan, pentingnya keterampilan mengakses informasi pekerjaan, sumber-sumber informasi pekerjaan, pengertian media internet, fasilitas media internet, manfaat media internet, cara mengakses infrormasi di media internet, media internet sebagai infrormasi karier, dan tinjauan peserta didik SMK. Ketiga, berdasarkan kajian teoritik dan empirik dibuatlah sebuah panduan keterampilan mengakses informasi pekerjaan melalui media internet pada peserta didik SMK. Buku Panduan terdiri dari 2 yaitu Buku Pegangan Guru BK dan Lembar Kerja Siswa untuk peserta didik.
Simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutkan yang berminat untuk mengembangkan panduan yang akan diujikan keefektifan dan kepraktisan

Kata Kunci : panduan keterampilan mengakses informasi pekerjaan, media internet, peserta didik SMK

×
Penulis Utama : Yanuaria Rika Puspita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113077
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Panduan Keterampilan Mengakses Informasi Pekerjaan melalui Media Internet pada Peserta Didik SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M. Pd.
2. Dra. Chadidjah H.A.,M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.