Penulis Utama : Erwin Satya Wardhana
NIM / NIP : K4612054
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada peserta didik kelas V A SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun pelajaran
2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan  refleksi.  Subjek dalam Penelitain Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas V SD Djama’atul Ichwan yang berjumlah 31 peserta didik terdiri dari 16 peserta didik putra dan 15 peserta didik putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari peserta didik dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data  menggunakan  analisis  kuantitatif  dan  kualitatif.  Data  kuantitatif menggunakan  analisis  deskriptif  komparatif  yaitu  membandingkan  nilai  tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II. sedangkan data kualitatif diperoleh  dari  hasil  pengamatan  atau  observasi  yang  dideskripsikan  dengan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus.
Hasil belajar lompat jauh dengan penerapan pendekatan bermain menunjukkan hasil sebagai berikut. Dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar lompat jauh pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 64,51% atau sebanyak 20 peserta didik. Peningkatan hasil belajar lompat jauh juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 80,64% atau sebanyak 25 peserta didik dengan KKM 75 dan 6 peserta didik lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penggunaan pendekatan bermain dapat meningkatan hasil belajar lompat jauh pada peserta didik kelas V A SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Erwin Satya Wardhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612054
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Menggunakan Pendekatan Bermain Pada Peserta Didik Kelas V A SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4612054-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes,
2. Drs. Waluyo, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.