Penulis Utama : Rizky Aji Nugroho
NIM / NIP : H0813159
×

Kelapa merupakan komoditas perkebunan yang memberikan banyak manfaat. Gula jawa merupakan gula yang diperoleh dari pemekatan nira, yaitu cairan yang diperoleh dari penyadapan tongkol bunga kelapa. Usaha pembuatan gula jawa merupakan salah satu alternatif dalam pendayagunaan kelapa selain kopra dan minyak kelapa. Desa Gunturharjo memiliki 10 Kelompok gula jawa yang terdiri dari pemilik dan penyadap pohon kelapa. Kelompok gula jawa diharapkan dapat mengembangkan usaha gula jawa sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari gula jawa. Usaha pembuatan gula jawa di Desa Gunturharjo mengalami kendala dalam produksi seperti kurangnya modal untuk pemeliharaan pohon kelapa karena pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan gula jawa hanya bisa untuk kebutuhan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji biaya, penerimaan, pendapatan, dan efisiensi usaha gula kelapa di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Pengambilan daerah penelitian di Desa Gunturharjo dilakukan secara purposive (sengaja). Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan   mengambil 30 responden yang terdiri dari 3 anggota dari masing-masing kelompok gula jawa. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan responden menggunakan kuisioner. Metode analisis yang digunakan meliputi: 1) Analisis biaya dan pendapatan; 2) perhitungan efisiensi.
Hasil penelitian menunjukkan usaha pengolahan gula jawa di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri dalam 1 bulan dilakukan 20 hari dengan 1 hari 2 kali produksi. Biaya total rata-rata usaha gula jawa sebesar Rp, 965.201,96 per bulan. Penerimaan usaha gula jawa sebesar Rp, 1.537.333,33 per bulan. Pendapatan usaha gula jawa sebesar Rp, 572.131,36 rupiah per bulan. Efisiensi usaha pengolahan gula jawa di Desa Gunturharjo yaitu 1,59 dimana usaha gula jawa layak untuk dikembangkan.

×
Penulis Utama : Rizky Aji Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813159
Tahun : 2019
Judul : Analisis usaha pembuatan gula jawa di desa Gunturharjo kecamatan Paranggupito kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Agribisnis-H0813159-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Rhina Uchyani Fajarningsih M.S.
2. Susi Wuri Ani S.P., M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.