Penulis Utama : Bethsyeba June Rudiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1812018
Tahun : 2015
Judul : Sistem Pengolahan Bahan Pustaka Buku Di Perpustakaan Universitas Kristen Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2015
Kolasi : 61 p. ; ilus.; bib.; tab.; 28 cm
Sumber : UNS-Fak. ISIP Program Studi Diploma 3 Perpustakaan-D1812018-2015
Subyek : BAHAN PUSTAKA-SISTEM PENGOLAHAN ; PERPUSTAKAAN ; BAHAN PUSTAKA BUKU
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perpustakaan adalah tempat yang terdapat aktivitas untuk penyimpanan, pengolahan, dan penelusuran informasi bagi pemustaka. Salah satu kegiatan memberikan informasi adalah dengan melakukan kegiatan sistem pengolahan bahan pustaka buku agar teroptimalisasinya penataan koleksi buku yang rapi dan urut. Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui sistem pengolahan bahan pustaka buku di Perpustakaan Universitas Kristen Surakarta, urut-urutan pengolahan bahan pustaka buku, dan hambatan serta pemecahan masalah pengolahan bahan pustaka buku. Dalam penulisan Tugas Akhir ini untuk memperoleh data dan informasi, penulis menggunakan beberapa metode diantaranya: metode observasi, wawancara, dokumentasi dan arsip, dan studi pustaka.
Dalam Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa: 1)  Proses pengolahan bahan pustaka buku di perpustakaan Universitas Kristen Surakarta: Pemeriksaan, Inventaris, Pemberian stempel: Stempel Inventaris dan Stempel Call Number Buku, Verifikasi, Klasifikasi, Input Data, Kelengkapan Fisik Buku yaitu pemberian Label Buku  (Call Number) , Shelving / penataan Buku. 2)  Hambatan yang ditemui saat melaksanakan pengolahan bahan pustaka yaitu: belum teroptimalisasinya penataan koleksi buku / shelving, Penggunaan katalog yang belum dominan, Penyiangan bahan pustaka buku yang belum akurat. Kendala belum teroptimalisasinya penataan koleksi buku / shelving karena dilakukan oleh pustakawan yang seorang tenaga teknis masih belum baik dan teratur, tidak sesuai dan urutan nomor klasifikasinya terabaikan. Koleksi buku baru yang datang setelah proses inventarisasi dari sistem pengolahan bahan pustaka, tidak melalui tahap katalogisasi. Dan kajian terhadap keadaan buku di rak dan tingkat pemanfaatan buku menjadi nilai lebih untuk melakukan penyiangan terhadap koleksi bahan pustaka tersendiri. Upaya dalam pemecahan masalah Pengolahan Bahan Pustaka Buku yaitu: pustakawan bersikap lebih rajin dan teliti  untuk mengatur kembali koleksi buku secara seksama, katalogisasi pada koleksi buku baru harus sesuai sistematis pengolahan yang berjalan karena mempunyai peranan penting, dan pemilihan penyiangan agar akurat.
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kemajuan Perpustakaan Universitas Kristen Surakarta, diantaranya adalah: Realisasi pelaksanaan program automasi perpustakaan, Buku diurutkan sesuai dengan abjad dan nomor klasifikasi, Shelving sebaiknya dilakukan pustakawan bukan pemakai agar pencarian bahan pustaka akan lebih cepat dan akurat serta optimal.
Kata kunci: Sistem Pengolahan, Bahan Pustaka Buku, Perpustakaan

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
IMG_20151020_091001.jpg
Bab1.pdf
Bab2.pdf
Bab3.pdf
Bab4.pdf
Bab5.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Haryanto, M.Lib.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP