Penulis Utama : Frida Erlina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9412021
Tahun : 2015
Judul : Dinamika Pengelolaan Kawasan Wisata Air Ponggok, Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2015
Kolasi : 50 p.; ilus.; tab.; bib.; 28 cm
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Program Studi Diploma 3 Usaha Perjalanan Wisata-C9412021-2015
Subyek : PARIWISATA ; KAWASAN WISATA ; PENGELOLAAN KAWASAN WISATA ; WISATA AIR
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tugas akhir ini meneliti tentang sistem pengelolaan kawasan desa wisata air serta tahap – tahap awal perkembangan desa yang berpotensi dalam industry pariwisata sumber daya alam berdasarkan pada sistem pengelolaan dan pembangunan beberapa dukuh menjadi kawasan wisata yangbersumber daya alam berupa air sebagai factor pendukung utama, pembangunan desa dalam bidang pariwisata sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang potensi wisata, sistem pengelolaan wisata, tahapan pengembangan kawasan desa wisata, kendala yang dihadapi pengelola dan pemerintah dalam mewujudkan kawasan wisata serta upaya mengatasinya sebagai suatu kawasan desa wisata yang diunggulkan. 
Pada penulisan tugas akhir ini metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, yaitu menguraikan dengan rinci tentang hasil dari penelitian terhadap masing – masing desa dalam satu kelurahan. Metode deskriptif analisis diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara, studi pustaka dan studi dokumen. Data yang diperoleh akan dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif analisis. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Ponggok merupakan wilayah yang berpotensi sebagai kawasan desa wisata air yang bernilai tinggi dan mempunyai daya tarik wisata air tersendiri dan khas. Sistem pengelolaan dan pengembangan desa yang bertitik tumpu pada sumber daya alam yang berlimpah dan dapat dilestarikan oleh Desa Ponggok adalah sumber daya air yang mampu mewadahi semua aspek tersebut. Oleh pihak pengelola masing – masing objek wisata sendiri dilengkapi dengan sarana dan prasana yang memadahi bagi pengunjung. 
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa beberapa desa yang berpotensi menjadi daya tarik wisata dapat dikembangkan untuk menjadi kawasan desa wisata yang penting dan unggul dalam mengangkat citra dan martabat sebagai desa yang maju, berbudaya dan unik. Maka pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam ini akan sangat menunjang pertumbuhan ekonomi pariwisata Desa Ponggok. 

Kata kunci : kawasan desa wisata, pengembangan, pengelolaan.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
IMG_20151020_091226.jpg
Bab1.pdf
Bab2.pdf
Bab3.pdf
Bab4.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Wahyuningsih, M.Hum.
2. Dra. Isnaini Wijaya Wardhani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya