Penulis Utama : Riko Andarista
NIM / NIP : K4414041
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Perjuangan Tentara Pelajar Boyolali dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018 dan (2) Mengetahui penanaman Nilai-Nilai Perjuangan Tentara Pelajar Boyolali dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analitis. Sampling diambil dengan  purposive sampling. Penggumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Uji validitas datanya menggunakan teknik trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif, yaitu suatu analisis yang bergerak diantara tiga komponen, meliputi  reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penanaman nilai-nilai perjuangan Tentara Pelajar Boyolali berkaitan dengan perjuangan Tentara Pelajar Boyolali. SMA Negeri 2 Boyolali menjadi saksi perjuangan Tentara Pelajar yang dapat diambil nilai-nilainya untuk ditanamkan kepada siswa. Dengan demikian, peneliti dapat memperoleh data dan gambaran yang jelas sesuai dengan tujuan dan pokok permasalahan yang akan diteliti, yaitu penanaman nilai-nilai perjuangan Tentara Pelajar Boyolali dalam pembelajaran sejarah. (2) Penanaman nilai-nilai Perjuangan Tentara Pelajar Boyolali di SMA Negeri 2 Boyolali diterapkann dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berpedoman pada silabus Kurikulum 2013. RPP yang dibuat oleh guru sejarah telah mengandung unsur nilai-nilai perjuangan Tentara Pelajar Boyolali yang meliputi nilai persatuan dan kesatuan, rela berkorban, kerjasama, saling menghargai, serta rasa cinta tanah air, penting untuk ditanamkan kepada siswa dalam pembelajaran sejarah,agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penanaman nilai-nilai perjuangan melalui pembelajaran sejarah melalui edukasi kisah perjuangan Tentara Pelajar Boyolali untuk penanaman karakter yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Nilai perjuangan pada hakikatnya sama dengan nilai karakter, karena sama-sama baik untuk ditiru dan dicontoh.
Kata Kunci: Nilai Perjuangan, Tentara Pelajar

×
Penulis Utama : Riko Andarista
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414041
Tahun : 2019
Judul : Penanaman nilai-nilai perjuangan tentara pelajar Boyolali dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Boyolali tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend. Sejarah-K4414041-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Yuniyanto M.Hum
2. Dr. Musa Pelu S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.