Penulis Utama : Abdullah Aflaha Aslam
NIM / NIP : K3515002
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi manajemen kegiatan pembelajaran berbasis web yang dapat digunakan untuk manajemen data kurikulum dan pembelajaran serta menguji kelayakan dari sistem informasi yang dikembangkan.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Haji dan Umrah Baitullah Rubaiyat. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan dimana peneliti menggunakan metode pengembangan waterfall untuk mengembangkan sistem dan Uji Kelayakan menggunakan Stadart ISO 25010 yang memiliki 8 aspek. Namun pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan 4 aspek yaitu functional suitability, performance, portability dan usability. Pengujian dilakukan menggunakan 2 metode yaitu Black Box dan menggunakan instrument dari USE Questionnaire. Metode Black Box digunakan untuk menguji 3 aspek dari ISO yaitu functional suitability, performance, dan portability, pengujian Black Box dilakukan dengan cara manual untuk menguji  functional dan portability dan menggunakan bantuan alat GT Matrix untuk menguji performance  dari sistem yang digunakan. Untuk uji kelayakan dari user atau aspek usability menggunakan menggunakan angket Use Questionnaire oleh Arnold M.Lund (2001). Pengujian angket dilakukan setelah sistem berhasil dipasang dan diterapkan. Pada pengujian ini menggunakan 10 responden yang terdiri dari setiap aktor yang dapat mengoprasikan sistem yaitu administrator, pengajar dan peserta didik.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem informasi manajemen kegiatan pembelajaran dapat mempermudah berjalannya kegiatan manajemen pembelajaran pada sekolah Haji dan Umrah Baitullah Rubaityat baik dari pelaksanaan administrasi sampai dengan proses pembelajaran. Hasil pengujian kelayakan sistem menunjukan bahwa pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Pembelajaran Berbasis Web yang dikembangkan memiliki nilai 80,49% dengan Use Quetionnaire dan lolos pada Uji Blackbox. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan.
Kata Kunci : sistem informasi, manajemen pembelajaran, berbasis web , USE Quetionnaire, Black Box testing

×
Penulis Utama : Abdullah Aflaha Aslam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515002
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan sistem informasi manajemen kegiatan pembelajaran berbasis web untuk sekolah haji dan umroh Baitullah Rubaiyat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Teknik Informatika dan Komputer-K3515002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endar Suprih Wihidayat,S.T.,M.Eng.
2. Rosihan Ari Yuana, S.Si.,M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.