Penulis Utama : Dian Munika Pratiwi
NIM / NIP : K3515059
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) Perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan aplikasi Quizizz dan model pembelajaran konvensional; (2) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar kategori tinggi dan rendah; (3) Interaksi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan aplikasi Quizizz dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.
     Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2X2 (AXB). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 6 Surakarta. Pengambilan sampel diambil secara acak (cluster random sampling) sehingga didapatkan 2 kelas, kelas X MM 1 terdiri dari 32 siswa dengan perlakuan pembelajaran konvensional sebagai kelompok kontrol dan kelas X MM 2 terdiri dari 32 siswa dengan perlakuan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan aplikasi Quizizz sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan isi sel tidak sama.
     Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan aplikasi Quizizz dan model pembelajaran konvensional berdasarkan hasil belajar siswa (Sig. = 0,000 <0 xss=removed xss=removed>Kata Kunci: Kooperatif, TGT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

×
Penulis Utama : Dian Munika Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515059
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar pada mata pelajaran simulasi digital
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend. Informatika dan Komputer
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Basori, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.