Penulis Utama : Dita Kurnia Wulan
NIM / NIP : K2315022
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019 pada materi Hukum Newton melalui penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam dua Siklus. Setiap Siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajara 2018/2019 dengan jumlah siswa 36 anak. Data yang digunakan meliputi observasi motivasi belajar siswa, tes, dan wawancara. Penelitian ini dianalisis secafra kualitatif dan kuantitatif.
Bardasarkan hasil dianalisis data penelitian dan pembahasan, dapat disimpulakan bahwa (1) motivasi belajar dan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo pada materi Hukum Newton mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajran ARCS. Persentase ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat dari 0 % pada pra Siklus menjadi 28 % pada Siklus I, dan menjadi 97 % pada Siklus II. (2) Kemampuan kognitif Fisika siswa mengalami peningkatan, persentase ketuntasan siswa meningkat dari 0 % pada pra Siklus menjadi 75 % pada Siklus I, dan menjadi 97 % pada Siklus II, sehingga peningkatan motivasi belajar juga beriringan dengan meningkatnya kemampuan kognitif Fisika siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran ARCS, Motivasi, Kognitif Fisika, Hukum Newton

×
Penulis Utama : Dita Kurnia Wulan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315022
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Arcs (Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction) untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Motivasi Pelajar Siswa pada Meteri Hukum Newtonkelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K2315022-2019
Kata Kunci : Model Pembelajaran ARCS, Motivasi, Kognitif Fisika, Hukum Newton
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd.
2. Drs. Surantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.