Penulis Utama : Jihan Hasna’ Ulfasari
NIM / NIP : K8414026
×

Dibangunnya Griya Bahagia dengan sistem pelayanan sosial berbasis keluarga merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan lansia terlantar di Kota Solo. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) Proses pembentukan layanan sosial berbasis keluarga di Griya Bahagia PMI Surakarta; dan (2) Bentuk penerapan layanan sosial berbasis keluarga di Griya Bahagia dilihat dari pengimplementasian fungsi keluarga dalam pelayanan sosialnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah (1) data primer berupa data verbal dari hasil wawancara dan (2) data sekunder berupa data non verbal dari hasil observasi dan dokumentasi yang bersumber dari lima anggota Griya Bahagia yakni satu pengurus inti, dua pengurus harian, dan dua lansia. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Untuk membentuk suatu pelayanan sosial berbasiskan keluarga, proses yang perlu dilakukan oleh Griya Bahagia agar mampu menciptakan suasana keluarga bagi para lansia yang mengalami kedisfungsionalan keluarga adalah dengan membentuk kegiatan-kegiatan seperti yang dilakukan keluarga pada umumnya dalam merawat lansia, (2) Dengan menjunjung konsep kekeluargaan, oleh karenanya seluruh kegiatan yang dibentuk oleh Griya Bahagia masing-masing merupakan representasi dari tiap fungsi yang dimiliki lembaga keluarga. Terbentuknya Griya Bahagia dengan sistem pelayanan sosial berbasis keluarga juga tidak terlepas dari proses konstruksi sosial yang meliputi mekanisme kerja eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi yang bersifat dialektis. Bagi ranah pendidikan khususnya pendidikan Sosiologi dan Antropologi, penelitian tentang pelayanan sosial yang dilakukan oleh Griya Bahagia pada lansia terlantar dapat bermanfaat untuk menambah kajian materi Pekerjaan Sosial yang mengulas tentang bentuk-bentuk pelayanan sosial alternatif suatu lembaga sosial.

Kata kunci : Layanan Sosial, Berbasis Keluarga, Lansia

×
Penulis Utama : Jihan Hasna’ Ulfasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8414026
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Layanan Sosial Berbasis Keluarga pada Lansia di Griya Bahagia PMI Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8414026-2019
Kata Kunci : Layanan Sosial, Berbasis Keluarga, Lansia
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siany Indria Liestyasari, S.Ant., M.Hum.
2. Dr. Sigit Pranawa, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.