Penulis Utama : Sri Wahyuni
NIM / NIP : S811402048
×

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Hubungan penggunaan sumber belajar multimedia dengan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan. (2) Hubungan kreativitas siswa dengan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan. (3) Hubungan antara  penggunaan sumber belajar multimedia dan kreativitas siswa dengan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan.  
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan Angket dan Tes. Teknik analisis data menggunakan 3 cara yaitu dengan cara Uji prasyarat dan Hipotesis pertama dan kedua dengan menggunakan korelasi product moment.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hipotesis pertama diterima, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara penggunaan sumber belajar multimedia dengan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan, artinya semakin tinggi penggunaan sumber belajar multimedia maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn, sebaliknya semakin rendah penggunaan sumber belajar multimedia maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn, maka hipotesis diterima. Sumbangan efektif penggunaan sumber belajar multimedia terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan adalah 39,5%. Hipotesis kedua diterima, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara  kreativitas dengan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan, artinya semakin tinggi kreativitas siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn, sebaliknya semakin rendah kreativitas siswa maka semakin rendah pula  prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn, maka hipotesis  diterima.  Sumbangan efektif kreativitas terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan adalah 28,9%.  Hipotesis ketiga diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan sumber belajar multimedia dan kreativitas dengan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan.  Sumbangan efektif penggunaan sumber belajar multimedia dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan adalah 66,8% dan sisanya 33,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini. 

Kata Kunci : sumber belajar multimedia, kreativitas siswa, prestasi belajar,  Mata Pelajaran PPKn. 

×
Penulis Utama : Sri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811402048
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Antara Penggunaan Sumber Belajar Multimedia Dan Kreativitas Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smk Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi : 83 p. ; ilus.; tab.; bib. ; 28 cm.
Sumber : UNS-Pascasarjana, Program Studi Teknologi Pendidikan-S811402048-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd.
2. Drs. Gunarhadi, M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.