Penulis Utama : Eliana Kisama Irawati
NIM / NIP : F0313027
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian adalah untuk memberikan bukti empiris pengaruh intellectual capital sebagai aset tidak berwujud yang dimiliki perusahaan untuk memberikan informasi yang transparan kepada pihak internal dan pihak eksternal yang secara khusus untuk investor.

Variabel bebas pengukuran Intellectual Capital diukur menggunakan Pulic’s VAIC Model yang terdiri dari 3 komponan dengan nilai value added yang dihasilkan oleh perusahaan. Pengungkpaan Intellectual Capital (ICD) diukur dengan 58 item komponen pengungkapan Abdomuhammadi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan dan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan dengan metode purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi  intellectual capital  yang berupa pengukuran VAIC tidak memiliki pengaruh yang positif  dan signifkan terhadap harga saham dan pengungkapan intellectual capital  (ICD) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapitalisasi pasar.

Kata kunci : Intellectual capital, Kapitalisasi Pasar, ICD, Pulic’s VAIC Model

 

×
Penulis Utama : Eliana Kisama Irawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0313027
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pengukuran dan Pengungkapan Intellectual Capital terhadap Kapitalisasi Pasar (Studi Empiris Perusahaan Perbankan dan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2015)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekomomi dan Bisnis, Prog. Studi Akuntansi - F0313027-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lulus Kuruiasih S.E.,M.Si,Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.