Penulis Utama : Tantri Puspitaningrum
NIM / NIP : F0313091
×


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komite-komite penunjang dewan komisaris terhadap agresivitas pajak. Komite-komite penunjang dewan komisaris terdiri dari komite audit, komite nominasi dan remunerasi, komite kebijakan risiko, serta komite kebijakan corporate governance yang seluruhnya diproksikan dengan menggunakan ukuran komite. Agresivitas pajak diproksikan dengan menggunakan Logaritma natural dari Book Tax Gap (BTG). Penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Logaritma natural dari total aset (Ln SIZE).
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 95 perusahaan manufaktur pada tahun 2011-2015. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linear berganda.  
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komite audit, komite nominasi dan remunerasi, komite kebijakan corporate governance berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak, serta komite kebijakan risiko berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak.  

Kata Kunci:
Komite-komite penunjang dewan komisaris, komite audit, komite nominasi dan remunerasi, komite kebijakan risiko, komite kebijakan corporate governance, ukuran perusahaan, agresivitas pajak.

 

×
Penulis Utama : Tantri Puspitaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0313091
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Komite-Komite Penunjang Dewan Komisaris terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekomomi dan Bisnis, Prog. Studi Akuntansi - F0313091-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Syafiqurrahman, S.E., M.M., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.