Penulis Utama : Sri Tugiyanti
NIM / NIP : F3614094
×

ABSTRAK
Bank merupakan lembaga yang mempunyai peran penting dalam perekonomian suatu negara. Bank Indonesia sebagai regulator perbankan di Indonesia telah menetapkan berbagai peraturan untuk mendukung kegiatan usaha dalam dunia perbankan. Dalam kegiatan usahanya bank sangat mengandalkan kepercayaan masyarakat, sehingga kesehatan bank harus dipelihara dengan baik agar kepercayaan masyarakat terhadap bank tetap terjaga.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat kesehatan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Periode 2011-2015 dari aspek Risk Profile, 2) Mengetahui tingkat kesehatan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Periode 2011-2015 dari aspek Good Corporate Governance (GCG), 3) Mengetahui tingkat kesehatan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Periode 2011-2015 dari aspek Earnings, 4) Mengetahui tingkat kesehatan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Periode 2011-2015 dari aspek Capital, 5) Mengetahui tingkat kesehatan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Periode 2011-2015 dari aspek Risk Profile, Good Corporate Governance (GCG), Earnings dan Capital.
Dalam penelitian ini dilakukan penilaian terhadap 4 aspek RBBR yaitu aspek Risk Profile melalui rasio NPL dan LDR, aspek Good Governance, aspek Earning melalui rasio ROA, ROE,NIM dan BOPO dan aspek capital melalui rasio CAR.
Berdasarkan hasil analisis terhadap penilaian tingkat kesehatan bank dengan metode RBBR (Risk Based Bank Rating), PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk periode 2011-2015 berada pada Peringkat Komposit (PK-1) karena dari keempat aspek yang diukur berupa risk profile, Good Corporate Governance (GCG), earnings, dan capital secara keseluruhan berada dalam peringkat sangat sehat. Ini mencerminkan kondisi PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk secara umum SANGAT SEHAT sehingga dinilai sangat mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya. Apabila terdapat kelemahan maka secara umum kelemahan tersebut tidak signifikan.

Kata Kunci : PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, Tingkat Kesehatan Bank, Analisis RBBR (Risk Based Bank Rating), Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital

 

×
Penulis Utama : Sri Tugiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614094
Tahun : 2017
Judul : Analisis Tingkat Kesehatan Bank dengan Metode Risk Based Bank Rating (Rbbr) pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Periode 2011-2015
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekomomi dan Bisnis, Prog. Studi DIII Keuangan dan Perbankan - F3614094-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.