Penulis Utama : Ahmad Falahudin
NIM / NIP : C1012002
×

ABSTRAK

Ahmad Falahudin. C1012002. 2016. Strategi Penerjemahan Tamyi>z dalam Buku At-Tibya>n Fi> A>da>bi Chamalatil-Qur’a>n Karya Imam An-Nawawi. Skripsi: Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk penerjemahan tamyi>z (distinctive) dalam buku At-Tibya>n Fi> A>da>bi Chamalatil-Qur’a>n (TACQ) Karya Imam An-Nawawi  dan (2) mendeskripsikan strategi penerjemahan yang diterapkan penerjemah dalam menerjemahkan tamyi>z  (distinctive) dalam buku At-Tibya>n Fi> A>da>bi Chamalatil-Qur’a>n (TACQ) Karya Imam An-Nawawi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa teknik simak dan catat. Data dikumpulkan dengan metode noninteraktif, yaitu dengan cara mengidentifikasi tamyi>z dalam BSu dan mengelompokkan jenis tamyi>z-nya kemudian menyepadankan dengan hasil terjemahannya dalam BSa. Adapun dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan kesimpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: pertama, dalam buku TACQ terdapat 3 jenis tamyi>z, yaitu tamyi>z asma>ul a‘da>d, tamyi>z muchawwal ‘an mubtada’ dan tamyi>z muchawwal ‘an maf‘u>l dan tamyi>z tersebut diterjemahkan dalam bentuk frasa nominal, frasa verbal, dan frasa numeralia. Kedua, penerjemah telah menerapkan 8 strategi penerjemahan dalam menerjemahkan tamyi>z dalam buku TACQ. Penerapan strategi semantis lebih banyak dibandingkan dengan strategi struktural dengan prosentase 64,29% untuk strategi semantis dan 35,71% untuk strategi struktural. Hal ini menunjukkan bahwa penerjemah lebih mengutamakan aspek makna agar pesan dalam BSu bisa tersampaikan dengan baik dalam BSa.

Kata Kunci: Tamyi>z (distinctive), Bentuk Penerjemahan, Strategi Penerjemahan, Penerjemahan Arab-Indonesia.

 

×
Penulis Utama : Ahmad Falahudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1012002
Tahun : 2017
Judul : Strategi Penerjemahan Tamyiz dalam Buku At-Tibayan Fi Adabi Chamalatil-Qur’an Karya Imam An-Nawawi
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Arab- C1012002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Abdul Malik, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.