Penulis Utama : Y. Pascalia Dian Safitri
NIM / NIP : C0112062
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah bentuk AK dan CK dalam tuturan bahasa Jawa di Pasar Gagan, KNKB?; (2) bagaimanakah fungsi AK dan CK dalam tuturan bahasa Jawa di Pasar Gagan, KNKB?; dan (3) Apa faktor yang melatarbelakangi AK dan CK dalam tuturan bahasa Jawa di Pasar Gagan, KNKB? Tujuan penelitian ini antara lain (1) mendeskripsikan bentuk AK dan CK dalam tuturan bahasa Jawa di Pasar Gagan, KNKB; (2) mendeskripsikan fungsi AK dan CK dalam tuturan bahasa Jawa di Pasar Gagan, KNKB; dan (3) mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi AK dan CK dalam tuturan bahasa Jawa di Pasar Gagan, KNKB.
Tingkatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari informan dan tempat sasaran penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data lisan Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik sadap, SLC, SBLC, rekam, dan catat. Analisis data menggunakan metode distribusional dan padan.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) bentuk AK meliputi: (a) AK dari BJ ke dalam BI, (b) AK dari BI ke dalam BJ, (c) AK dari BJRNg ke dalam BJRK, (d) AK dari BJRK ke dalam BJRNg, (e) AK dari BJRNg ke dalam BJRNgA, dan (f) AK dari BJRNgA ke dalam BJRNg. Bentuk CK meliputi: (a) CK berwujud kata, (b) CK berwujud pengulangan kata, (c) CK berwujud frasa, (d) CK berwujud ungkapan; (2) fungsi AK meliputi: (a) lebih argumentatif meyakinkan mitra tutur, (b) lebih komunikatif, (c) memberikan penghormatan,  dan  (d)  mempertegas  pembicaraan.  Fungsi  CK  meliputi:  (a) sebagai penghormatan, (b) menegaskan suatu maksud tertentu, (c) menunjukkan identitas diri, dan (d) pengaruh materi pembicaraan; (3) faktor yang melatarbelakangi  penggunaan  AK  dan  CK  secara  umum  meliputi:  (a)  faktor sosial, (b) faktor situasional, (c) faktor lingual dan (d) faktor praktikal.

 

Kata Kunci: alih kode, campur kode.

 

×
Penulis Utama : Y. Pascalia Dian Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112062
Tahun : 2017
Judul : Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Bahasa Jawa di Pasar Gagan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali (Suatu Kajian Sosiolinguistik)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah- C0112062-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Supiyarno, M.A.,
2. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.