Penulis Utama : Leni Dwi Astuti
NIM / NIP : C0113029
×

ABSTRAK


Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) unsur-unsur yang membangun lima cerkak dalam Antologi Cerkak Kabuncang Ing Pangangen (ACKIP) karya J.F.X Hoery menurut teori struktural Robert Stanton, (2) bentuk perselingkuhan lima cerkak dalam ACKIP karya J.F.X Hoery, (3) motif perselingkuhan lima cerkak dalam ACKIP karya J.F.X Hoery.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan unsur struktural lima cerkak dalam ACKIP karya J.F.X Hoery menurut teori struktural Robert Stanton, (2) mendeskripsikan bentuk perselingkuhan lima  cerkak dalam ACKIP  karya J.F.X Hoery, (3) mendeskripsikan motif perselingkuhan pada lima cerkak dalam ACKIP karya J.F.X Hoery.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif di bidang sastra. Sumber data primer berasal dari ACKIP karya J.F.X Hoery yang diterbitkan oleh PSJB pada tahun 2016 dan sumber data sekunder yaitu J.F.X Hoery selaku informan. Data primer berupa unsur struktural Robert Stanton terdiri dari fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana   sastra (judul, sudut pandang, gaya, dan tone. simbolisme, dan ironi), serta bentuk dan motif perselingkuhan
yang terdapat di dalam teks lima cerkak dalam ACKIP karya J.F.X Hoery. Data sekunder berupa hasil wawancara dengan pengarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik content analysis, purposive sampling
dan teknik wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model
analisis data interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) secara keseluruhan lima cerkak meliputi COJ, CKP, CAW, CKD, dan CIAPA dalam ACKIP karya J.F.X Hoery menunjukkan kesatuan unsur yang utuh dan saling berkaitan antara satu sama lain. (2) lima cerkak dalam ACKIP karya J.F.X Hoery mencerminkan bentuk perselingkuhan yang didasarkan pada derajat keterlibatana emosional dari pasangan yang berselingkuh, berupa serial affair, romantic love affair, dan long term affair. (3) lima cerkak dalam ACKIP karya J.F.X menunjukkan motif perselingkuhan berupa motif intrinsik, ekstrinsik, biogenetis, dan sosiogenetis. Diantara motif-motif tersebut yang mendominasi adalah motif intrinsik, yaitu motif yang muncul dari dalam dirinya sendiri tanpa ada rangsangan dari luar.

Kata    kunci    :    Cerkak    Kabuncang    Ing    Pangangen,    Psikologi    Sastra, Perselingkuhan, Motif.

 

×
Penulis Utama : Leni Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113029
Tahun : 2017
Judul : Motif Perselingkuhan Pasutri dalam Antologi Cerkak Kabuncang Ing Pangangen Karya J.F.X Hoery (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah- C0113029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S., M.Hum., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.