Penulis Utama : Yanuari Wahyuningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis penawaran padi di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0300034-2005
Subyek : PADI-ASPEK EKONOMI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi penawaran padi di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan menganalisis tingkat kepekaan (elastisitas) penawaran padi di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Daerah Penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data sekunder.

Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi yang telah disesuaikan ( 2) sebesar 89,5 %. Dan dari uji F diperoleh nilai F hitung (26,437) lebih besar daripada F tabel (3,33) pada taraf kepercayaan 95 % yang berarti bahwa seluruh variabel penduga yaitu harga padi pada tahun sebelumnya, luas areal panen padi pada tahun tanam, produksi padi pada tahun sebelumnya, harga pupuk urea pada tahun tanam, dan rata-rata curah hujan pada tahun tanam secara bersama-sama berpengaruh terhadap penawaran padi di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel harga padi pada tahun sebelumnya, luas areal panen padi pada tahun tanam, produksi padi pada tahun sebelumnya dan rata-rata curah hujan pada tahun tanam berpengaruh nyata terhadap penawaran padi di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedang berdasarkan standar koefisien regresi parsial, variabel produksi padi pada tahun sebelumnya mempunyai nilai yang paling besar.

Dalam jangka pendek, nilai elastisitas penawaran padi di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap harga padi pada tahun sebelumnya sebesar 0,16, terhadap luas areal panen padi pada tahun tanam sebesar 1,34, terhadap produksi padi pada tahun sebelumnya sebesar 0,63, dan terhadap rata-rata curah hujan pada tahun tanam sebesar –0,15. Sedangkan dalam jangka panjang, nilai elastisitas penawaran padi terhadap harga padi pada tahun sebelumnya sebesar 0,43, terhadap luas areal panen padi pada tahun tanam sebesar 3,61, terhadap produksi padi pada tahun sebelumnya sebesar 1,69, dan terhadap rata-rata curah hujan pada tahun tanam sebesar –0,40.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Agustono, Msi
2. Wiwit Rahayu, SP. MP
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian