Penulis Utama : Jul Sendra Qodar
NIM / NIP : C0112024
×

ABSTRAK

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah jenis subtindak tutur direktif bahasa Jawa di asrama mahasiswa UNS Surakarta?; (2) bagaimanakah bentuk prinsip kerja sama berbahasa Jawa di Asrama Mahasiswa UNS Surakarta?; dan (3) bagaimanakah implikatur berbahasa Jawa yang terdapat di Asrama Mahasiswa UNS Surakarta?. Tujuan dalam penelitian adalah: (1) mendeskripsikan jenis subtindak tutur direktif berbahasa Jawa di Asrama Mahasiswa UNS Surakarta, (2) mendeskripsikan bentuk prinsip kerja sama berbahasa Jawa di Asrama Mahasiswa UNS Surakarta, dan (3) mendeskripsikan implikatur berbahasa Jawa di Asrama Mahasiswa UNS Surakarta.
Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Asrama Mahasiswa UNS Surakarta. Data dalam penelitian ini berupa data lisan yaitu tuturan penghuni Asrama Mahasiswa UNS. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan dan tempat sasaran penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah tuturan dalam komunikasi berbahasa Jawa di Asrama Mahasiswa UNS Surakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  metode  simak  dan  teknik  yang  digunakan  yaitu  dengan  teknik sadap, SLC, SBLC, rekam, dan catat. Analisis data dengan menggunakan metode kontekstual.
Dari hasil analisis data penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) jenis subtindak tutur direktif sebagai berikut: (a) TTD menghendaki, (b) TTD mengharap, (c) TTD bertanya, (d) TTD mengintrogasi, (e) TTD memarahi, (f)TTD menegur, (g)  TTD menyarankan, (h) TTD meminta restu, (i) TTD menganjurkan, (j) TTD mempersilahkan, (k) TTD menyuruh, (l) TTD merayu, (m) TTD memaksa, (n) TTD mengajak dan (o) TTD melarang. (2) penggunaan prinsip kerja sama meliputi: penerapan maksim kuantitas, pengimpangan maksim kuantitas, penerapan maksim kualitas, penyimpangan maksim kualitas, penerpan maksim relevansi, penyimpangan maksim relevansi, dan penyimpangan maksim pelaksanaan. Implikatur meliputi: implikatur penolakan, implikatur mengekspresikan perasaan, implikatur kritik sosial dan implikatur menghibur atau melucu.

Kata Kunci: tindak tutur direktif, prinsip kerja sama, implikatur, Bahasa Jawa.

 

×
Penulis Utama : Jul Sendra Qodar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112024
Tahun : 2017
Judul : Tindak Tutur Direktif Bahasa Jawa di Asrama Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (Kajian Pragmatik)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah- C0112024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Supiyarno, M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.