Penulis Utama : Akbar Yudha Pratama
NIM / NIP : D0212009
×

ABSTRAK

“Earth Song” merupakan sebuah lagu yang dipopulerkan oleh Michael Jackson  pada  tahun  1995  yang  kemudian  dibuat  menjadi  video  klip  yang disutradai  oleh  Nick  Brandt.  Video  klip  ini  berhasil  merebut  penghargaan Grammy pada 1997 dan penghargaan Le Film Fantastique: Best Video Award pada 1996.

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui apa makna dari tanda yang muncul dalam video klip “Earth Song” Michael Jackson dan pesan yang ingin disampaikan oleh Michael Jackson melalui tanda yang muncul dalam video klip Earth Song dengan cara mengumpulkan data-data observasi dan studi pustaka. Dengan menganalisis gambar, teknik pengambilan gambar dan lirik yang ada dalam video klip ini.

Teori yang sesuai dengan penelitian ini adalah Teori dari Charles Sanders Pierce dengan segitiga makna serta ikon, indeks dan simbol karena dengan teori ini peneliti dapat memahami makna yang terkandung dalam lirik, pengambilan gambar  dan  bahasa  tubuh  para  tokoh  yang  muncul  dalam  video  klip  “Earth Song”.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa manusia berperan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan, namun pada nyatanya banyak manusia yang malah merusak lingkungan demi keuntungan finansial semata sehingga mengesampingkan keseimbangan   alam,   padahal   manusia   masih   sangat   bergantung   kepada lingkungan. pesan yang coba disampaikan dalam video klip ini agar seluruh khalayak sadar akan keadaan lingkungan yang memprihatinkan dan bersama-sama mejadi penggerak pelestarian lingkungan.

Kata Kunci : Lingkungan, Semiotika, Earth Song, Michael Jackson, Pierce.

 

×
Penulis Utama : Akbar Yudha Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212009
Tahun : 2017
Judul : Komunikasi Lingkungan melalui Video Klip (Analisis Semiotika Kepedulian terhadap Lingkungan dalam Video Klip “Earth Song” Michael Jackson)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0212009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.