Penulis Utama : Faisal Maulana
NIM / NIP : D0312037
×

ABSTRAK

Skripsi. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial     dan     Politik.     Universitas     Sebelas     Maret     Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pembangunan perumahan dan dampaknya terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat di Desa Gentan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Perubahan yang terjadinya tersebut memberikan berbagai  dampak  yang ditimbulkan baik positif  maupun negatif.    Teori  yang  digunakan  adalah  dalam  penelitian  ini  adalah  Teori Perubahan Sosial milik Himes dan Moore (dalam Martono, 2012:6), tiga dimensi perubahan  yaitu  dimensi  struktural,  kultural,  dan  interaksional.  Metode  yang dipakai  dalam  penelitian  ini  adalah  menggunakan  studi  kasus.  Data  diambil dengan  teknik  observasi,  wawancara  mendalam,  dan  dokumentasi.  Sedangkan teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Untuk validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode, model interaktif digunakan

untuk analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa perubahan pada masyarakat Gentan setelah adanya pembangunan perumahan, pertama pada perubahan struktural yaitu adanya pola pemikiran dan pendidikan yang tinggi dari masyarakat pendatang membawa peranan baru dalam berbagai lembaga-lembaga yang ada di desa Gentan, kesempatan dan lapangan kerja juga semakin lebih terbuka hal itu juga membawa pengaruh terhadap peran perempuan pada masyarakat asli, pekerjaan sektor jasa dan industri juga semakin berkembang seiring dengan minimnya lahan pertanian, sarana dan prasarana semakin meningkat, muncul organisasi baru yang bernama PAGER (Paguyuban Gentan Teratai). Kedua, pada perubahan kultural, pesatnya perkembangan teknologi dan media massa juga mempengaruhi pada perubahan pola perilaku dan gaya hidup terutama pada generasi muda, seperti cara berbicara, sopan santun dan cara berpakaian terjadi perubahan. Ketiga, perubahan interaksional, pola hubungan baru tercipta dengan berdasarkan motif ekonomi yaitu karena adanya urusan pekerjaan, adanya teknologi handphone juga mengubah pola komunikasi masyarakat Gentan. Perubahan juga terjadi pada lingkungan fisik di desa Gentan dimana sering terjadi banjir dan penumpukan volume sampah, serta kurangnya lahan hijau. Perubahan sosial yang terjadi di desa Gentan tidak hanya disebabkan oleh faktor dari adanya pembangunan perumahan saja, akan tetapi juga dipengaruhi oleh pola pikir masyarakat desa Gentan yang sudah maju, berkembangnya teknologi, serta pengaruh dari media massa seperti televisi dan internet.

Kata    kunci    :    Perubahan,    Pembangunan    Perumahan,    Dampak

 

×
Penulis Utama : Faisal Maulana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0312037
Tahun : 2018
Judul : Pembangunan Perumahan dan Dampaknya Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat ( Studi Kasus terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Gentan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo )
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Sosiologi - D0312037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. RB Soemanto M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.