Penulis Utama : Sayn Al Fatoni
NIM / NIP : D1514097
×

ABSTRAK
    PT. Iskandar Indah Printing Textile adalah salah satu perusahaan yang berada di Surakarta yang memiliki usaha mengelola kain grey menjadi kain celup/printing yang siap diekspor. Bahan baku yang akan diproses menjadi kain di PT. Iskandar Indah Printing Textile dibeli dari pihak luar atau pihak supplier benang, karena PT. Iskandar Indah Printing Textile tidak memproduksi sendiri bahan bakunya. Pihak luar yang dimaksud masih berada di dalam Negara Indonesia.
Pengamatan ini dilakukan dalam rangka mengetahui prosedur dari pemasukan bahan baku benang serta kualitas bahan baku yang akan menjadi berbagai produk textile di PT. Iskandar Indah Printing Textile yang dimulai dari pembelian bahan baku, barang masuk, laporan stock, masuk ke gudang benang, hingga masuk ke proses penenunan, serta bagaimana menentukan kualitas benang sesuai standar SNI dan ISO 9001 tahun 2008. Bahan baku tersebut  yang akan diproduksi menjadi kain grey yang akan melewati tahap pemberian obat kanji pada benang, sehingga benang tidak akan mudah putus ketika proses penenunan.
Jenis pengamatan yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan pengamatan observasi berperan aktif. Pengamatan yang dilakukan demi membahas permasalahan dalam kualitas suatu produk melalui bahan baku serta pembelajaran akan prosedur pemasukan bahan baku di PT. Iskandar Indah Printing Textile.
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa Prosedur pemasukan bahan baku pada PT. Iskandar Indah Printing Textile berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan; Sistem pergudangan; Bahan baku yang di ambil dari pihak luar/supplier; Stock yang tersedia; Serta stock bahan baku baik benang maupun obat kanji yang akan masuk ke proses produksi harus dicatat dan diperiksa setiap hari, mulai dari produksi yang berkualitas baik hingga produksi yang dianggap cacat atau gagal produksi.

Kata Kunci : Bahan baku, Kualitas bahan baku, PT. Iskandar Indah Printing Textile, Pergudangan, Stock.

 

×
Penulis Utama : Sayn Al Fatoni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514097
Tahun : 2017
Judul : Prosedur Pemasukan Bahan Baku di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Manajemen Administrasi - D1514097-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.