Penulis Utama : Rati Aprilia
NIM / NIP : D1514087
×

ABSTRAK
Pemusnahan merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan pengelolaan barang  yang dilakukan oleh instansi dengan cara menghilangkan wujud asli suatu barang tersebut. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta merupakan instansi yang melaksanakan pengelolaan barang khususnya terhadap barang hasil penegahan, barang hasil penegahan ialah barang kiriman pabean yang dilarang dan ditegah untuk melindungi masyarakat dan negara dari dampak yang berbahaya.
Tujuan dari pengamatan ini untuk mengetahui bagaimana Administrasi Pemusnahan Barang Hasil Penegahan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta. Metode yang digunakan adalah observasi berperan aktif yaitu dengan mendatangi tempat dan kejadian pengamatan secara langsung sehingga dapat mengetahui proses terjadinya suatu pemusnahan barang hasil penegahan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan pegawai, observasi tehadap kegiatan pemusnahan, mengkaji dokumen dan arsip, serta perekaman tentang administrasi pemusnahan barang hasil penegahan.
Hasil pengamatan yang dilakukan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta, diketahui bahwa administrasi pemusnahan barang hasil penegahan melalui 5 (lima) alur yang meliputi (1) pemeriksaan dan penegahan barang kiriman pabean, (2) penyimpanan dan pembukuan barang hasil penegahan, (3) pencacahan dan penetapan Barang Dikuasai Negara (BDN), (4) penetapan Barang Milik Negara (BMN) dan permohonan pemusnahan serta pelaksanaan pemusnahan, dan (5) melaporkan pelaksanaan pemusnahan dan Buku Catatan Pabean (BCP). Administrasi pemusnahan barang hasil penegahan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta sudah berjalan dengan baik dan tidak ditemukan kendala yang berarti dalam pelaksanaan pemusnahan barang.

Kata kunci : Administrasi, Pemusnahan, Administras Pemusnahan, Barang hasil penegahan, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta

 

×
Penulis Utama : Rati Aprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514087
Tahun : 2017
Judul : Administrasi Pemusnahan Barang Hasil Penegahan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Manajemen Administrasi - D0213076-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endang Martini S.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.