Penulis Utama : Virgina Putri Mahardhika
NIM / NIP : D1214078
×

ABSTRAK
    Film merupakan salah satu media komunikasi efektif dalam menyampaikan pesan karena disajikan dalam bentuk audio visual yang dapat lebih mudah dipahami oleh masyarakat. Film dapat mewakili gambaran dari masyarakat yang merupakan representasi dari realitas, film membentuk dan menghadirkan kembali realitas berdasarkan tanda-tanda pembentuk makna yang terdapat di dalamnya. “SITI” adalah film yang merepresentasikan sikap Nrimo perempuan Jawa yang dapat menerima sesuatu sebagaimana adanya dalam berbagai keadaan melalui tanda yang dibawakan hingga membentuk sebuah pesan simbolis. Kemudian dimaknai sebagai suatu sikap yang harus diteladani oleh setiap perempuan di dunia yang kini normanya telah terkikis oleh modernitas.
Penelitian terhadap Film Siti bertujuan untuk mengkaji bagaimana sikap Nrimo perempuan Jawa yang ditampilkan dalam Film Siti berdasarkan realitas sosial yang terjadi hari ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori konstruksi sosial atas realitas kemudian dianalisis dengan semiotika Peirce, karena penelitian ini bukan hanya meneliti makna kata saja, melainkan meneliti keseluruhan tanda yang dapat ditangkap dan diterima oleh panca indera manusia. Pesan dalam film dimaknai melalui teori segitiga makna Peirce yang terdiri dari sign, object, dan interpretant. Semiotika Peirce juga mengklasifikasikan tanda menjadi ikon, indeks, dan simbol. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa adegan film dengan aspek audio visual dalam Film Siti serta data sekunder meliputi buku-buku komunikasi dan karya sastra Jawa, jurnal tentang film dan semiotika, artikel liputan Film Siti, serta ulasan tentang Film Siti di media sosial.
Hasil analisis dari penelitian ini adalah ikon, indeks, simbol yang ditampilkan dalam Film Siti menunjukkan makna dalam realitas sosial yang dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu sikap Nrimo dalam menghadapi musibah, sikap Nrimo dalam himpitan ekonomi, dan sikap Nrimo dalam kehidupan sosial. Berdasarkan rangkaian tanda berupa teknik pengambilan gambar, ekspresi, gestur, dan dialog pada scene terpilih maka dapat ditarik makna sikap Nrimo perempuan Jawa yang merepresentasikan ketiga kategori sikap Nrimo tersebut. Realitas sosial dan pesan yang terdapat dalam film ini sebaiknya dijadikan suatu refleksi oleh perempuan untuk lebih baik dalam bersikap dalam berbagai keadaan apapun.

Kata Kunci: Semiotika, Peirce, Ikon, Indeks, Simbol, Film, Perempuan Jawa.

 

×
Penulis Utama : Virgina Putri Mahardhika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214078
Tahun : 2017
Judul : Representasi Sikap Nrimo Perempuan Jawa dalam Film (Analisis Semiotika mengenai Representasi Sikap Nrimo Perempuan Jawa dalam Film Siti Karya Eddie Cahyono)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D1214078-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.