Penulis Utama : Faza Umar Afif
NIM / NIP : D0210045
×

ABSTRAK


Skripsi dengan judul “Peran Organisasi Immarotu Syu’unit Tolabah dalam Penanaman Nilai Kepemimpinan Santri di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki” merupakan kajian yang difokuskan pada persoalan peran. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai persoalan peran organisasi   IST   dalam   Penanaman   Nilai   Kepemimpinan   Santri   di   Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki.
IST sebagai organisasi legal yang dipilih melalui Dewan Ustadz memiliki tujuan untuk mengelola seluruh aktivitas santri serta untuk melatih kepemimpinan santri. Pengelolaan santri yang dilakukan IST melalui organisasi berlaku untuk kegiatan intra dan ekstrakurikuler. Tujuannya adalah agar seluruh aktivitas santri tidak kering dari nilai-nilai pendidikan yang dicita-citakan oleh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teori peran, organisasi dan kepemimpinan dalam melakukan analisis. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, wawancara, dan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan mengurai dan meginterpretasi data yang dikumpulkan. Uraian dan interpretasi tersebut kemudian ditarik kesimpulan.
Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah bahwa peran organisasi
IST dalam melakukan penanaman nilai kepemimpinan santri di Pondok Pesantren Al   Mukmin   Ngruki   terjadi   melalui   proses   keterlibatan   aktif   IST   dalam memberikan kontribusi atas terwujudkannya visi misi pondok pesantren. Pengambilan keputusan dalam mewujudkan visi misi tersebut sekaligus sebagai upaya  Dewan  Ustadz  untuk  melatih  santri  berpikir kritis  dan  sistematis  guna menanamkan nilai-nilai kepemimpinan santri. Organisasi IST dengan demikian mampu  menghasilkan  sosok  pemimpin  yang  diharapkan  oleh  Dewan  Ustadz, yakni sebagai bentuk pengkaderan calon pemimpin islami yang menjadikan al Qur?an dan sunnah sebagai pedoman dalam memimpin. Dan diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menguatkan kebijakan pengelola pondok dalam mendorong kemajuan organisasi santri sebagai sarana pendukung program- program pondok.

 

Kata Kunci: Peran, Organisasi, IST, Kepemimpinan

 

×
Penulis Utama : Faza Umar Afif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210045
Tahun : 2017
Judul : Peran Komunikasi Organisasi Immarotu Syu’unit Tolabah dalam Penanaman Nilai Kepemimpinan Santri di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0210045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hamid Arifin M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.