Penulis Utama : Linda Desy Prakasi
NIM / NIP : D0213054
×

ABSTRAK


Skripsi (S-1), program studi Ilmu Komunikasi Falkutas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Sebelas Maret 2017.

Televisi diminati pemasar sebagai media beriklan. Hal ini menyebabkan terjadinya banjir iklan. Fenomena banjir iklan tidak hanya saat jeda acara program televisi saja. Hal ini dikarenakan iklan yang muncul saat jeda acara program sering dilewatkan dengan mengganti saluran televisi. Sekarang ini  pemasar beralih  pada strategi  product  placement.  Seperti  di tayangan sinetron Anak Langit yang tersisipi iklan merek produk. Penelitian ini  fokus pada product placement Tora Cafe di sinetron Anak Langit, untuk menjawab Adakah pengaruh product placement Tora Cafe dalam membangun brand awareness dan brand image pada penonton sinetron Anak Langit di wilayah Kelurahan Nusukan Kota Surakarta?

Product placement merupakan bentuk periklanan yang memiliki peran serta manfaat sama seperti bentuk periklanan lainnya. Hanya saja yang membedakannya dari segi proses penyampaiannya kepada khalayak. Product placement berfungsi meningkatkan pengetahuan akan merek, maka hal ini erat kaitanya dengan pembentukan brand awareness di benak konsumen. Pengetahuan konsumen akan merek diawali dari adanya kesadaran konsumen akan suatu merek produk tertentu. Selanjutnya akan terbentuk persepsi dari konsumen atas produk tersebut yang kemudian menjadi brand image dari produk tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian survei eksplanatori, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antar variabel melalui uji hipotesis. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner pada masyarakat Kelurahan Nusukan. Data dari hasil kuesioner kemudian dianalisi dengan metode analisis regresi linier sederhana.

Setelah diadakan penelitian diketahui bahwa adanya pengaruh product placement Tora Cafe di tayangan sinetron Anak Langit atas brand awareness dan brand image pada penonton sinetron. Saat kemunculan product placement atas suatu produk semakin sering dan terlihat jelas maka kesadaran akan merek sekaligus citra atas merek tersebut terbangun dengan semakin kuat.

Kata Kunci : Product Placement, Brand Awareness, Brand Image

 

×
Penulis Utama : Linda Desy Prakasi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213054
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Product Placement terhadap Brand Awareness dan Brand Image (Studi Kuantitaif Pengaruh Product Placement Tora Cafe di Tayangan Sinetron Anak Langit SCTV dalam Membangun Brand Awareness dan Brand Image pada Penonton Sinetron di Wilayah Kelurahan Nusukan Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0213054-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Haryanto, M.Lib
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.