Penulis Utama : Aprilia Prastika
NIM / NIP : C0915006
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan estetika menurut Dharsono dari 1) tontonan sebuah jenis pola batik berupa visual pada motif utama, motif pengisi dan isian (isen) serta 2) tuntunan berupa filosofi pada motif utama yang terkait oleh estetika Agus Sachari dari simbol, makna dan daya untuk menganalisis batik tradisi di Bayat Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten dengan mengambil beberapa lokasi yaitu di Desa Jarum, Desa, Kebon, dan Desa Banyuripan. Pengambilan sampel menggunakan teknik cuplikan Purposive Sampling. Sumber data yang digunakan narasumber (informan), benda dan gambar, arsip dan dokumen. Validitas data dalam penelitian adalah trianggulasi data. Model analisis yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa estetika batik tradisi menurut Dharsono: (1) Tontonan pada visual motif batik pada motif utama yang menjadi ciri dari motif batik tersebut, motif pengisi memiliki fungsi tambahan yang tidak memiliki arti, dan isian (isen) untuk mengisi bidang-bidang kosong pada motif utama dan pendukung yang berupa titik dan garis. 2) Tuntunan berupa filosofi pada motif utama dalam pembahasannya memiliki simbol, makna, dan daya yang terkait estetika menurut Agus Sachari. 

Kata Kunci: estetika, batik, Bayat

×
Penulis Utama : Aprilia Prastika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0915006
Tahun : 2019
Judul : Kajian batik tradisi Bayat Klaten dengan pendekatan estetika
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain Jur. Kriya Tekstil-C.0915006-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.