Penulis Utama : Anggi Tiarasari
NIM / NIP : S031708004
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keadaan media pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar; 2) produk pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik pada pembelajaran tematik tema 2 subtema 1 sumber energi di sekolah dasar; 3) keefektifan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik tema 2 subtema 1 sumber energi di sekolah dasar.
Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan modifikasi model pengembangan Thiagarajan dan Sukmadinata. Prosedur penelitian melalui tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Tahap pendahuluan bertujuan mengetahui keadaan media pembelajaran di kelas IV sekolah dasar. Tahap pengembangan dimulai dari melakukan desain awal, validasi produk kepada ahli media dan ahli materi. Dilanjutkan uji coba terbatas di SD Negeri Bener sebanyak 28 peserta didik, uji coba luas di SD Negeri 1 Kepil dan SD Negeri 3 Kepil berjumlah 39 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik kelas IV sekolah dasar. Uji Keefektifan dilakukan di SD Negeri 2 Beran sebagai kelas kontrol dan SD Negeri 2 Kepil sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji keefektifan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar  86,00, serta hasil validasi ahli materi diperoleh 85,67% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan. Hasil dari uji-t multimedia interaktif diperoleh taraf sig. 0,000 artinya terdapat perbedaaan nilai rata-rata kelas yang menggunakan multimedia interaktif dengan yang tidak menggunakan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif mampu untuk meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: multimedia interaktif, pembelajaran tematik, motivasi belajar ekstrinsik.

 

×
Penulis Utama : Anggi Tiarasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031708004
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekstrinsik Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Pend. Sekolah Dasar-S031708004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si.
2. Dr. Sukarno, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.