Penulis Utama : Silvia Puspita Daniati
NIM / NIP : S031702021
×

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui dan mengeksplorasi proses internalisasi karakter dan bentuk iklim kelas; (2) mengeksplorasi permasalahan yang ditimbulkan di kelas serta penanganannya yang memengaruhi iklim kelas di Sekolah Muhammadiyah Alam Surya Mentari Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Sekolah dasar tersebut dipilih dengan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling berdasarkan pertimbangan dan tujuan dari peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non-partisipan, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, serta dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dengan mengecek ulang informasi dan melakukan perbandingan. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi metode, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Teknik analasis data menggunakan analisis jalinan atau mengalir dengan melakukan 3 tahapan yaitu pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terciptanya 22 karakter di sekolah alam ini melalui proses internalisasi karakter dari proses pembelajaran, pembiasaan, serta kegiatan rutin sekolah. Selain itu terciptanya iklim kelas yang positif/kondusif; (2) bentuk permasalahan yang terjadi berupa kepribadian peserta didik, konsentrasi terhadap pembelajaran, dan kehadiran peserta didik di sekolah. Namun, permasalahan tersebut mampu terselesaikan dengan baik. Sehingga, Sekolah Muhammadiyah Alam Surya Mentari dapat mendukung kecakapan hidup peserta didik dengan karakter yang kuat untuk mengeksplorasi pengetahuannya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari

×
Penulis Utama : Silvia Puspita Daniati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031702021
Tahun : 2020
Judul : Internalisasi Nilai Karakter pada Peserta Didik Melalui Kajian Iklim Kelas di Sekolah Alam (Studi Kasus di Sekolah Muhammadiyah Alam Surya Mentari Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-S031702021-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro,M.Si
2. Dr. Siti S. Fadhilah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.