Penulis Utama : Ratih Isnaini
NIM / NIP : K3513055
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Terciptanya aplikasi Reward System berbasis Android sebagai pendukung penilaian keaktifan siswa dalam pembelajaran,  (2)  Mengetahui  kelayakan   aplikasi   Reward  System  berbasis Android sebagai pendukung penilaian keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SMK N 5 Surakarta. Model pengembangan aplikasi yang digunakan adalah model waterfall. Tahapan pada model waterfall meliputi analisis, perancangan, pengkodean dan pengujian. Pengkodean aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP, dengan memanfaatkan template bootstrap untuk mendesain tampilan, dan intel XDK untuk build dalam bentuk aplikasi Android. Pengujian aplikasi dilakukan oleh seorang ahli media, seorang guru dan sepuluh siswa dengan lembar kuisioner. Adapun aspek yang di uji berdasarkan ISO 25010, yang meliputi aspek fungsional, keefisienan, kebergunaan dan kehandalan.
Aplilkasi reward system berfungsi menyimpan dan menampilkan data perolehan reward siswa yang telah berperan aktif dalam pembelajaran. Reward ini dapat  dilihat  siswa  melalui  smartphone  pribadinya.  Reward  yang  diberikan kepada siswa berupa nilai tambahan yang diwakili sebuah medali. Data reward yang dilihat oleh siswa merupakan data  yang  ditambahkan oleh guru melalui smarphone pribadinya, pada tiap kompetensi dasar (KD) sesuai dengan mata pelajaran dan kelas yang diampu oleh guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi reward system telah memenuhi aspek fungsional, aspek kebergunaan, aspek keefisienan dan aspek kehandalan dengan kategori sangat layak. Hasil persentase yang diperoleh dari pengujian aspek fungsional dengan indikator keberhasilan fungsi mendapatkan hasil 100%, dan termasuk kategori sangat layak; aspek kebergunaan dengan indikator kebermanfaatan, kemudahan penggunaan, kemudahan dipelajari dan kepuasan  pengguna  mendapatkan  hasil  86,2%,  dan  termasuk  kategori  sangat layak; aspek keefisienan dengan indikator kecepatan waktu respon tiap halaman mendapatkan hasil 93,1%, dan termasuk kategori sangat layak; terakhir, aspek kehandalan dengan indikator dapat digunakan pada berbagai versi Android dan berbagai ukuran layar mendapatkan persentase hasil 100%, dan termasuk kategori sangat  layak.  Akan  lebih  baik  jika  aplikasi  ini  dapat  digunakan  dalam  mode offline dan terdapat fitur cetak report data. Kemudian, penelitian akan lebih sempurna jika disertakan pengujian tingkat keefektifan penggunaan aplikasi terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran.


Kata Kunci : reward, aplikasi android, keaktifan

 

×
Penulis Utama : Ratih Isnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513055
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Aplikasi Reward System Berbasis Android sebagai Pendukung Penilaian Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Pendidikan Teknik Informatikan dan Komputer - K3513055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rosihan Ari Yuana, S.Si., M.Kom.
2. Basori, S.Pd.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.