Penulis Utama : Rahmat Aji Dwi Winarno
NIM / NIP : K5610069
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengumpan dan menerima bola melalui pendekatan permainan pada siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 24 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar passing dan control sepakbola. analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing dan control sepakbola siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakan pendekatan bermain untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan passing dan control sepakbola sehingga keterampilan passing dan control sepakbola siswa masih rendah dan hasil belajar passing dan control sepakbola siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 55,88%, sedangkan pada siklus II mencapai 82,35%.
Simpulan penelitian ini adalah pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing dan control sepakbola siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2  Boyolali  Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci: Pendekatan Bermain, Passing dan Control Sepakbola.

 

×
Penulis Utama : Rahmat Aji Dwi Winarno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5610069
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengumpan dan Menerima Bola dalam Permainan Sepakbola melalui Pendekatan Permainan pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Pendidikan Kepelatihan Olahraga - K5610069-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko M.Kes,
2. Drs. Sugiyoto, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.