Penulis Utama : Anisa Fitriani Mubarokah
NIM / NIP : G0015023
×

Latar Belakang: Terapi suara merupakan salah satu bentuk terapi relaksasi yang dapat diterapkan untuk mengatasi stres. Mendengarkan bacaan Al-Qur’an merupakan bentuk terapi suara yang dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi pendengarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi mendengarkan bacaan Al-Qur’an terhadap penurunan stres pada lansia.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain pretest posttest control group. Penelitian dilakukan di Panti Wredha Dharma Bakti Surakarta pada tanggal 22 Agustus 2019 sampai 6 September 2019. Sampel merupakan 27 orang lansia yang terdiri dari kelompok kontrol dan stres. Intervensi yang diberikan berupa mendengarkan bacaan Al-Qur’an surah Al-Mu’minun selama 14 hari. Stres pada lansia diukur melalui stres psikis dan fisik. Pengukuran terhadap stres psikis menggunakan kuesioner DASS (Depression, Anxiety, Stress Scale) sedangkan stres fisik responden di amati melalui pengukuran terhadap tekanan darah dan heart rate. Analisis data nilai stres, tekanan darah dan heart rate pada masing-masing kelompok menggunakan uji beda mean t berpasangan dan uji Wilcoxon. Sementara data antar kelompok dibandingkan dan diuji menggunakan uji Mann-Whitney.  Uji korelasi  Spearman’s Rank digunakan untuk mengetahui hubungan antara penurunan stres psikis terhadap perubahan tekanan darah dan heart rate.
Hasil: Pada penelitian ini didapatkan penurunan stres psikis pada kelompok stres (18+2,82 menjadi 13,2+2,28, p<0>0,05). Stres psikis memiliki korelasi positif terhadap tekanan darah diastolik (r=0,199, p>0,05) dan heart rate (r=0,454, p<0 r=-0,067,>0,05)

×
Penulis Utama : Anisa Fitriani Mubarokah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015023
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh terapi mendengarkan bacaan Al-qur’an terhadap penurunan stres pada lansia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0015023-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sinu Andhi Jusup, dr., M.Kes
2. Drs. Sarsono, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.