Penulis Utama : Indra Dwi Cahyani
NIM / NIP : K1312039
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model pembelajaran manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, model  pembelajaran  Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan scientific   atau model konvensional, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan kedisiplinan belajar matematika tinggi, sedang, atau   rendah,(3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan kedisiplinan belajar tinggi, siswa dengan kedisiplinan belajar sedang, atau siswa dengan  kedisiplinan belajar rendah?, (4) pada masing-masing kategori kedisiplinan belajar siswa, model pembelajaran manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran TPS dengan pendekatan scientific atau model pembelajaran konvensional?
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Colomadu Karanganyar tahun
2016/2017. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dimana kelas eksperimen terdapat 37 siswa  dan  kelas  kontrol  terdapat  36  siswa  Pengambilan  sampel  menggunakan  teknik cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 3 Colomadu. Teknik  pengumpulan  data  dilaksanakan  dengan  metode  dokumentasi  untuk mengumpulkan data yang berupa nilai UAS Semester I matematika, metode angket untuk data kedisiplinan belajar matematika siswa, dan metode tes untuk data tes prestasi belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian   dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe.
Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan scientific menghasilkan prestasi belajar lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) siswa dengan kedisiplinan belajar matematika tinggi mempunyai  prestasi  belajar  yang  lebih  baik  dibandingkan  siswa  dengan  kedisiplinan belajar sedang dan rendah. Siswa dengan kedisiplinan belajar sedang mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa dengan kedisiplinan belajar rendah, (3) pada masing- masing model pembelajaran, siswa dengan kedisiplinan belajar tinggi, sedang, dan rendah memiliki pretasi belajar yang sama baiknya pada materi Teorema Pythagoras, (4) pada masing-masing kategori kedisiplinan belajar matematika, siswa yang dikenai model pembelajaran   Think   Pair   Share   pendekatan   scientific   dan   model   konvensional memberikan prestasi yang sama baiknya pada materi Teorema Pythagoras.

Kata kunci : Think Pair Share, Pendekatan Saintifik, Kedisiplinan Belajar, Teorema
Pythagoras.

×
Penulis Utama : Indra Dwi Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1312039
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) dengan Pendekatan Scientific terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Pendidikan Matematika- K5412045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Mardiyana, M.Si.,
2. Dhidhi Pambudi, S.Si,M.Cs.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.