Penulis Utama : Halimah Nurrasyida Taqwiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113038
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Anak Tunalaras Kelas IX di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Pendidikan Luar Biasa - K5113038-2017
Subyek : PENGARUH, TAKE AND GIVE, PRESTASI BELAJAR IPA, ANAK TUNALARAS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap prestasi belajar IPA pada anak tunalaras kelas IX di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah empat orang siswa kelas IX di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik non parametrik yaitu analisis tes rangking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test).
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Nilai tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada nilai pretest dan posttest siswa. Pada saat pretest sebelum treatment nilai rata-rata siswa adalah 49.9950, namun setelah diadakan treatment nilai rata-rata posttest siswa naik secara signifikan menjadi 72.2150. Signifikan atau Z hitung hasil tes statistik dengan menggunakan program olah data SPSS versi 23 adalah 0.046 berada di bawah 0.05. Oleh karena itu nilai probabilitas Z hitung dari Uji Ranking Bertanda Wilcoxon lebih kecil daripada probabilitas kesalahan 5% (? = 0.05), dan dari hasil analisis kuantitatif diperoleh rata-rata pretest 0.046, dan posttest 72.2150. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe take and give berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA pada anak tunalaras kelas IX di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Pengaruh, Take and Give, Prestasi Belajar IPA, Anak Tunalaras.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
HALAMAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Gunarhadi, M.A. Ph.D.,
2. Dewi Sri Rejeki, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP