Penulis Utama : Gina Solihat
NIM / NIP : K5113035
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Total Physical Response terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris siswa tunanetra kelas VIII di SLB/A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian One-Group Pre-test-Post-test Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa tunanetra totally blind kelas VIII yang berjumlah 4 orang. Seluruh populasi juga digunakan sebagai sampel penelitian dikarenakan jumlah populasi yang terbatas. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik tes objektif berbentuk pilihan ganda.  Analisis data menggunakan analisis non parametrik yaitu Wilcoxon Sign Rank Test dengan bantuan SPSS 24.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat pada saat Post-test dibandingkan dengan saat Pre-test yaitu 57.50 menjadi 77.50. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2.000 dengan Asymp. Sig (2-tailed) = 0.046. pada taraf signifikansi (?) 5%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh penggunaan metode Total Physical Response terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris siswa tunanetra kelas VIII di SLB/A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017” dapat diterima kebenarannya.

 

Kata Kunci: Pengaruh, Metode Total Physical Response, prestasi belajar, bahasa Inggris, siswa tunanetra

×
Penulis Utama : Gina Solihat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113035
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Penggunaan Metode Total Physical Response terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Tunanetra Kelas VIII di SLB/A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Pendidikan Luar Biasa - K5113035-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Maryadi, M.Ag.,
2. Sugini, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.